Jumat , 27 Juli 2018
Home / Religi / TGB Sebut Sentimen Keagamaan di Pilpres 2019 Berbahaya 
Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi MA saat memberikan keterangan pers usai pembukaan Konferensi Ulama Internasional 2018 di IC NTB

TGB Sebut Sentimen Keagamaan di Pilpres 2019 Berbahaya 

MATARAM, DS –  Para ulama memiliki peran besar dalam menjaga keutuhan bangsa melalui konsep pemikiran wasathiyyah atau moderasi Islam. Terlebih, menjelang kontestasi politik 2019. Oleh karena itu, suara para ulama menyuarakan hal-hal yang positif dan menangkal sentimen keagamaan yang terus merebak harus dilakukan.

“(Ulama) harus bersuara, tidak boleh diam, apa pun resikonya, karena kalau diam dan dibiarkan, sentimen keagamaan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, maka risikonya terlalu besar untuk bangsa kita,” tegas Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi saat menjadi pembicara usai pembukaan Konferensi Ulama Internasional di Islamic Center NTB, Jumat (27/7).

TGB mengaku telah menyampaikan kepada seluruh pihak untuk tidak menggunakan ayat-ayat perang dalam menghadapi kontestasi politik. Itu sikap darinya untuk menyuarakan hal yang dianggap benar, meski ia tahu selalu ada risikonya hingga menjadi objek ‘bully’.

“Dan saya mempertanggungjawabkan itu, pasti ada resikonya seperti sekarang banyak (bully) dari mana-mana,” kata dia.

Menurut TGB, seluruh pihak bukan hanya ulama, harus menyuarakan hal ini demi menjaga keutuhan bangsa. “Tugas tokoh agama setahu saya adalah sebarkan nilai-nilai kasih sayang, kedamaian.  Perbedaan itu sunatullah bukan jadi sebab untuk membenci apalagi menafikan orang atau kelompok yang lain,” ujarnya.

TGB meminta pernyataannya ini tidak dikaitkan dengan isu dirinya akan menjadi cawapres dalam Pilpres mendatang. Ia hanya mengungkapkan hal yang menurutnya penting bagi kehidupan sosial berbangsa.

“Enggak usah ditarik ke Pilpres, suara-suara akal sehat, suara-suara yang baik itu jangan direduksi hanya urusan (pilpres) 2019, ini urusan bangsa ke depan, tidak relevan bicara 2019 kalau keadaan kita sudah seperti Suriah dan Afganistan, mau bicara apa, mau bicara politik apa kalau keadaaan kita sudah tidak bisa diperbaiki lagi,” tandas Zainul Majdi. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Sebanyak 4.518 CJH NTB Siap Terbang ke Tanah Suci

MATARAM, DS – Sebanyak 4.518 orang calon jamaah haji (CJH) asal NTB direncanakan akan terbagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *