Kamis , 7 September 2017
Home / Religi / Ponpes Darul Istiqomah Bangun Gedung Bertingkat dengan Rp 50 Juta
GAMBAR LOKASI PENGECORAN NW JUET.

Ponpes Darul Istiqomah Bangun Gedung Bertingkat dengan Rp 50 Juta

SELONG,DS-Pondok Pesantren (Ponpes)  Darul  Istiqomah NW Juet  yang didirikan  oleh TGH.Musa Abdul Haris pada tahun 2002,  merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang handal  di Kecamatan Sakra Timur. Ponpes yang terus merancang kemajuan ini mengelola RA, MTs dan MA. Kini, bermodal Rp 50 juta dan partisipasi masyarakat membangun gedung bertingkat.

Ponpes ini terus mengalami kemajuan  terutama dalam membangun dunia pendidikan di Lombok Timur (Lotim). Hal tersebut dilihat dari kemampuannya memeroleh jumlah siswa  lebih dari 1 rombel (rombongan belajar) untuk setiap kelas dalam setiap TP. Sampai tahun 2017 jumlah santri  RA mencapai 40 orang, MTs 190 orang dan MA 152 orang.

Keterlibatan Ponpes Darul Istiqomah NW Juet ditunjukkan dengan kesiapan dan kemampuannya  menjalankan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) secara nasional untuk pertama kalinya tahun 2017 ini.

Pimpinan Ponpes Darul Istiqomah NW Juet Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lotim, Muhammad Islahul Wathan, S.Pd.I.,  yang dihubgungi Sabtu (26/8/17), mengemukakan hal itu tidak lepas dari  musyawarah, silaturrahmi dan menjunjung tinggi semangat kegotong-royongan. “Kita selalu menginformasikan program Ponpes kepada masyarakat untuk kemaslahatan bersama,” kata alumni IAIH (Institut Agama Islam Hamzanwadi) Lombok Timur di Anjani ini.

Terkait bangunan fisik,  saat ini pihaknya tengah mengerjakan  bangunan RKB (Ruang Kelas Baru) berlevel 2 (dua) sebanyak 7 ruang  (4 ruang di lantai atas, 3 ruang di lantai bawah di antaranya ada ruang aula). “Kita bersama masyarakat sudah mengecor pada hari Rabu (23/8/17) kemarin. Alhamdulillah yang kita rencanakan selesai 1 hari, ternyata pengecoran bisa tuntas  ½ hari (jelang waktu Dzohor),” tuturnya.

Ponpes yang dikelola saat ini kekurangan ruang belajar untuk MTs dan MA. Menurut Islahul Wathan, idealnya dibutuhkan 3 lokal lagi. Diakuinya, kondisi pendanaan masih jauh dari cukup untuk mendirikan bangunan sesuai kebutuhan yang sudah direncanakan, apalagi untuk membangun gedung bertingkat.

“Saat itu Ponpes hanya ada kas sejumlah Rp 40.000.000 ditambah dana bantuan dari Pemda Lotim lewat Dinas Dikbud sejumlah Rp 10.000.000,” terang Islahul Wathan.

Menurutnya, sebelum orang tuanya,  TGH.Musa Abdul Haris (Pendiri dan Pimpinan Ponpes Darul Istiqomah NW Juet) meninggal dunia, beliau berpesan supaya gedung yang sudah dilakukan peletakan batu pertama pada tahun 2016 segera dilanjutkan. Nah, dengan segala keterbatasan yang hanya bermodal Rp 50.000.000, pihaknya melakukan pembangunan.

Islahul Wathan mengemukakan, partisipasi masyarakat setempat sangat tinggi, Masyarakat dengan senang dan bersemangat  melakukan gotong royong sehingga diperkirkan bangunan rampung akhir 2017.

“Dengan izin Allah, kami yakin dalam kurun waktu 3 bulan kedepan (akhir tahun 2017) bangunan rampung,” cetusnya, sembari menambahkan bahwa dirinya juga sudah dipanggil oleh Kanwil Depag NTB untuk mendapat bantuan. (Kusmiardi).

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

TGB BERHARAP FKUB PELOPORI KERJA BERSAMA ANTAR AGAMA

MATARAM,DS-Manusia adalah mahluk sosial yang sangat kompleks. Karenanya untuk dapat hidup berdampingan secara damai, tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *