Sabtu , 23 September 2017
Home / Religi / Meriahnya Tahun Baru 1 Muharram di Lotim
Pawai menyambut tahun baru muharram di Lotim

Meriahnya Tahun Baru 1 Muharram di Lotim

SELONG,DS-Lombok Timur merupakan daerah yang paling konsisten dengan perayaan tahun baru Islam yang jatuh pada setiap tanggal 1 Muharram penanggalan hijriyah. Untuk tahun ini, kegiatan menyemarakkan datangnya Tahun Baru Islam tersebut dilaksanakan sangat meriah dengan sejumlah kegiatan bernuansa islami. Salah satunya Lombok Timur Bersholawat.

Kegiatan Lombok Timur Bersholawat ini dilaksanakan pada Rabu (20/9), bertepatan dengan berakhirnya tahun 1438 Hijriyah dan menyongsong 1 Muharram yang merupakan awal tahun baru 1439 Hijriyah. Hadir ribuan warga Lombok Timur yang datang dari berbagai kalangan, termasuk sejumlah warga dari beberapa daerah di Lombok. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong dengan mengumandangkan sholawat pada sore harinya menjelang turunnya malam tanggal 1 Muharram 1439 Hijriyah.

Ketua Panitia pelaksanaan Lombok Timur Bersholawat, M. Zaini, mengemukakan tujuan kegiatan Lombok Timur Bersholawat ini adalah menumbuhkan karakter islami pada masyarakat Lombok Timur sebagai upaya membentengi diri, khususnya para generasi muda dari gelombang serangan budaya liberal yang kian deras menghantam. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pembacaan do’a akhir tahun dan do’a awal tahun yang kemudian dilanjutkan dengan pengajian umum peringatan 1 Muharram 1439 Hijriyah yang disampaian oleh Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan..

Bupati mengiraikan ihwal 1 Muharram dengan menceritakan kembali kisah hijrah dan teladan Nabi Muhammad SAW. Dalam proses hijrah itu berbagai tantangan di hadapi, termasuk berbagai upaya pembunuhan di Mekah, akan tetapi Nabi justru menghijrahkan kaum muslimin ke Abbasiyah. Bahkan selama di Mekah, tidak banyak yang memeluk Islam. Justru ketika Nabi melakukan hijrah ke Madinah, di mana Madinah dihuni oleh penduduk yang plural, di sanalah justru dinulainya era kebangkitan Islam dengan berbondong-bondongnya manusia memeluk Islam. Teladan yang dicontohkan Rasulullah adalah bahwa dirinya tidak lari meninggalkan kaumnya ketika ditekan, melainkan meminta kaumnya untuk terlebih dahulu pergi ke Abbasiyah (Ethiopia).

Memahami konteks hijrah tersebut, kata Bupati Ali, di sanalah sebetulnya sebuah momentum yang tepat bagi ummat Islam untuk melakukan evaluasi diri. Pada saat sekarang, misalnya, ummat Islam mengalami kemunduran yang dahsyat. Kemunduran disebabkan justru karena umat Islam tidak menjalankan ajaran-ajaran Al-Qur’an. Sebaliknya ajaran Islam dijalankan oleh ummat lain. Karena itulah Bupati Ali  berpesan bahwa dalam konteks ini ummat Islam tidak menyalahkan yang lain. Dengan meneladani apa yang dilakukan Rasulullah, segala kelemahan diatasi dengan memperbanyak ilmu.

Karena itulah 1 Muharram harus disemarakkan sebagai titik balik kebangkitan, bukan 1 Januari. Sebab, tahun baru masehi itu hanyalah tahun buka anggaran dan tutup buku bagi perusahaan-perusahaan. Jadi, bagi masyarakat yang tidak memiliki perusahaan, tidak seharusnya menyambutnya dengan gegap gempita. “Hal itu adalah tindakan yang mubazzir,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, banyak hal besar datang dari daerah yang kecil. Islam sendiri tumbuh dan berkembang dari daerah kecil bernama Mekkah yang selanjutnya berkembang hingga mendunia dan diikuti 1,5 miliar penduduk bumi.

Salah satu hal yang dilakukan dalam mempraktekkan ajaran Islam adalah dalam teknik surat-surat pemerintahan bupati menggunakan penanggalan hijriyah. Hal itu sudah dilakukan seminggu pasca dilantiknya dirinya sebagai Bupati Lombok Timur pada tahun 2003 lalu. Ia langsung menggunakan penanggalan hijriyah di dalam surat-surat kedinasan yang kemudian diikuti oleh Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang dan hingga saat ini. krisma

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

TELKOMSEL IDUL ADHA PEDULI, SERAHKAN HEWAN KORBAN

MATARAM,DS-PT. Telkom Regional Bali Nusra melaui Program Idul Adha Peduli dengan tema Berbagi Dalam Kebersamaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *