Minggu , 6 Agustus 2017
Home / Religi / Lotim akan Berangkatkan 1.053 Jamaah Calon Haji
arafah

Lotim akan Berangkatkan 1.053 Jamaah Calon Haji

SLONG,DS-Pada musim haji 1438 H atau 2017, Lombok Timur (Lotim) memberangkatkan sejumlah 1.053 orang Calon Jamaah Haji (CJH). Jumlah CJH ini menempati posisi jumlah tertinggi dari 10 kabupaten/kota se NTB.

CJH Lotim  terbagi dalam 3 kloter (kelompok penerbangan), masing-masing Kloter III, Kloter V dan Kloter IX.  Dari ketiga kloter tersebut dua diantaranya kloter utuh yaitu kloter III dan kloter V, sedangkan kloter IX merupakan kloter campuran (Lotim dan kabupaten lain).

CJH akan berangkat dengan jumlah 450 orang/kloter dengan didampingi oleh petugas dari tim yang terdiri dari TPHI, TPII, 1 orang  dokter dan 2 orang paramedis.

Sejumlah CJH tersebut, mendaftarkan diri ke Kemenag secara langsung maupun lewat KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji). KBIH inilah yang mendaftarkan mereka ke kantor Kemenag Lotim. Diketahui, ada 7 KBIH di Lotim yaitu  KBIH NW Pancor, KBIH NW Anjani, KBIH Al-Kamal Kembang Kerang, KBIH Ukhuwah Pemongkong Jerowaru, KBIH As-Sunnah Bagik Nyaka, KBIH Az-Zohrah Bila Sundung Masbagik dan KBIH Badriah Rarang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Lotim, Haji Sahudin, S.Sos., Rabu (26/7/17), mengemukakan segala persiapan sudah dilakukan, tinggal menunggu jadwal pemberangkatan.

Kata dia, Kloter III akan berangkat pada tanggal 14 Agustus 2017, kloter V tanggal 17 Agustus dan kloter IX pada tanggal 23 Agustus 2017.  Pemberangkatan CJH dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesian Airways (GIA).

Sahudin menjelaskan, CJH dari NTB menempati posisi pemberangkatan gelombang kedua. Gelombang I menuju ke Madinah, sedangkan gelombang kedua menuju ke Jeddah, Bandara Udara King Abdul Aziz.

CJH Lotim kloter III yang terbang pada tanggal 14 Agustus akan tiba pada tanggal 15 Agustus, kloter V yang berangkat pada tanggal 17 Agustus akan tiba pada tanggal 18 Agustus dan kloter IX yang berangkat pada tanggal 23 Agustus akan tiba pada tanggal 24 Agustus 2017.

Kepulangan Jemaah Haji mengikuti prosedur jadwal penerbangan yang sudah ditetapkan oleh panitia penyelenggara, sebagaimana jadwal pemberangkatan yang sudah diterima oleh para jamaah.

“Untuk kloter Gelombang I pulangnya dari Jeddah, sedangkan kloter Gelombang II pulang dari Madinah,”  kata Sahudin.

Bagi para CJH yang sedang menunggu pemberangkatan tersebut diharapkan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah dan amalan-amalan untuk persiapan menuju Baitullah.

“CJH juga harus memanfaatkan waktu dengan meningkatkan intensitas ibadah dan amalan-amalan, menambah wawasan terkait dengan masalah Haji dan Manasik Haji serta menjaga kesehatan,” ujarnya.kusmiardi

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Idul Fitri, Gubernur Sambut Bupati Lotim

MATARAM, DS – Gubernur NTB TGH Zainul Majdi menyambut kehadiran Bupati Lotim di kediamannya Pancor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *