Minggu , 30 September 2018
Home / Politik / Sukiman-Rumaksi Pimpin Lombok Timur
Sukiman Azmy

Sukiman-Rumaksi Pimpin Lombok Timur

SELONG,DS-Rabu, 26 September 2018 menjadi awal resminya pasangan HM. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi (SUKMA) memimpin Kabupaten Lombok Timur hingga 5 tahun kedepan. Tugas berat pun menghadang pasca gempa Lombok terutama yang menerjang Sembalun dan Sambelia. Karena itu, beberapa hari kedepan Bupati akan berkantor di sana.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur periode 2018-2023 bersamaan juga dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. Pelantikan kepala daerah ini diharapkan Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah mampu menjadi gerbang percepatan pembangunan daerah.

Diingatkannya juga bahwa jabatan sebagai pemimpin daerah bukanlah jabatan feodal yang mencerminkan kekuasaan. Pejabat harus mampu mendinamisasikan perekonomian daerah dengan memastikan kondusifitas iklim investasi dan usaha. Pengkhidmatan total kepada masyarakat diharapkan dapat mendatangkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di masing-masing daerah.

Dan khusus untuk Kepala Daerah Lombok Timur, diharapkan agar pejabat baru ini mampu mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah terdampak gempa di Lombok Timur. Bupati hendaknya segera mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama menangani bencana dan tidak terpaku hanya kepada proses yang diselenggarakan pemerintah.

Usai pelantikan, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur langsung meluncur ke Lombok Timur dengan pengawalan aparat keamanan bersama rombongan Pejabat Lombok Timur lainnya dan para pendukung yang telah sukses mengantarkan pasangan ini menduduki kursi kepala daerah di Lombok Timur hingga 5 tahun mendatang.

Silaturrahim dengan Warga

Sebagai wujud syukur dengan suksesnya proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur periode 2018-2023. Bupati dan Wakil Bupati yang baru langsung menggelar acara silaturrahim dengan warga dengan mengambil titik kumpul di Masjid Agung Al-Mujahidin dan Lapangan Tugu Selong yang dimulai dengan kegiatan Sholat Magrib berjama’ah.

Acara silaturrahim Bupati dan Wakil Bupati di awal masa jabatan ini dihadiri juga unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala OPD lingkup Pemda Lombok Timur, pengurus dan jama’ah masjid serta ribuan warga Lombok Timur yang berbondong-bondong ingin menyampaikan ucapan selamat kepada pemimpin Lombok Timur yang baru.

Dalam kesempatan ini,  HM. Sukiman Azmy menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Allah SWT Sang Maha Pencipta.

Bupati juga menyinggung persoalan bencana yang baru saja mendera warga Lombok Timur. Menurutnya, bencana yang mengguncang bangunan fisik milik warga dan pemerintah serta menggoyahkan kejiwaan masyarakat tersebut diyakini akan segera berlalu. Meskipun pelan namun pasti, masyarakat akan kembali bisa tersenyum lepas setelah sekian lama dilanda musibah gempa bumi.

Usai melaksanakan kegiatan di Masjid Agung Al-Mujahidin, acara silaturrahim dalam rangka tasyakkuran pelantikan ini dilanjutkan dengan kegiatan hiburan di Lapangan Tugu Selong. Warga dihibur dengan drama yang dimainkan siswa-siswi SMP IT Dhiya’ul Fikri Sakra dan juga hiburan musik keroncong.   Bahkan, Wakil Bupati, H. Rumaksi juga ikut menyumbangkan suara emasnya menghibur warga yang sejak sore sudah berlalu lalang di lokasi acara.

Selain menggelar acara hiburan, acara silaturrahim tersebut juga dirangkaikan dengan malam amal untuk korban gempa, khusus bagi korban gempa di wilayah Lombok Timur.

Gebrakan Awal Bupati Baru

Setelah dilantik dan diambil sumpahnya pada Rabu (26/9), satu agenda penting kemudian diadakan pada Kamis (27/9), yakni serah terima jabatan dari Penjabat Bupati Lombok Timur yang menandakan resminya Bupati dan Wakil Bupati baru menjalankan amanat rakyat hingga 5 tahun mendatang. Kegiatan ini diselenggarakan di Rupatama I Kantor Bupati Lombok Timur.

Penjabat Bupati Lombok Timur, HL. Syafi’i dalam sambutannya di acara serah terima jabatan tersebut memaparkan sejumlah data perkembangan penanganan bencana gempa bumi yang sedang dihadapi Pemerintah Daerah Lombok Timur dengan harapan penanganannya akan lebih maksimal di tangan Bupati dan Wakil Bupati depinitif.

Disampaikan juga bahwa, beberapa hari kedepan akan disahkan APBD Perubahan yang di dalamnya sudah mengakomodir program prioritas 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati yang baru.

Dalam acara yang diikuti unsur Forkopimda dan seluruh Kepala OPD, Camat dan Direktur BUMD lingkup Pemda Lombok Timur ini, Bupati Sukiman Azmy memaparkan banyak hal yang menjadi gebrakan awalnya menakhodai Gumi Patuh Karya.

Salah satu hal yang langsung diperintahkannya adalah meniadakan penjualan air bersih yang diambil dari Sumur Tutuq di wilayah Kecamatan Jerowaru. Air dari sumur tersebut harus diambil alih oleh pemerintah dan pendistribusiannya kepada masyarakat dilakukan dengan gratis. Karena itu, mulai Jum’at (28/9), Bupati meminta Dirut PDAM, BPBD dan OPD lainnya yang memiliki mobil tangki pengangkut air agar dapat digunakan untuk menyalurkan air bersih bagi warga di wilayah Selatan yang sangat kesulitan mendapatkan pasokan air bersih tanpa pungutan biaya.

Selain itu, beberapa ASN yang memiliki spesifikasi keilmuan yang tidak ditempatkan pada jabatan yang sesuai spesifikasi keilmuannya harus segera dikembalikan ke habitatnya agar kemampuannya dapat tersalurkan dengan maksimal.

Ada banyak hal juga yang disampaikannya yang merupakan program cepat yang harus segera dijalankan tanpa menunggu tahun depan. Di antaranya, pemangkasan retribusi, sewa ruko diturunkan, penanganan bencana, pengobatan gratis di puskesmas dan sejumlah kebijakan lainnya yang ditegaskan agar seluruh OPD mampu menjalankannya dengan baik serta meminta kerjasama yang baik dari kalangan legislatif.

Khusus penanganan bencana gempa, Bupati yang menduduki jabatannya untuk kali kedua ini berencana akan berkantor secara mobile, seminggu di Sembalun, seminggunya lagi di Sambelia untuk memastikan percepatan penanganan korban bencana gempa.kis

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Silaturrahmi Gubernur denganTokoh Agama

MATARAM,DS-Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *