Minggu , 11 Juni 2017
Home / Politik / Selama Ramadhan, Wisatawan ke IC Membludak
Ribuan umat islam terlihat ramai beribadah di Masjid Hubbul Wathan di Komplek IC NTB

Selama Ramadhan, Wisatawan ke IC Membludak

MATARAM, DS – Ketua Takmir Masjid Hubbul Wathan di Komplek Islamic Center (IC) NTB, TGH. Mahally Fikri, mengakui membludaknya jumlah pengunjung ke IC diluar perkirannya. Apalagi selama puasa Ramadhan saat ini.

Menurutnya, jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke NTB mencapai sebanyak enam ribu orang atau sekitar 20 persen dari total wisatawan yang datang ke NTB, semuanya singgah ke IC. “Tapi, yang menarik, wisatawan non muslim pun juga wajib singgah ke mari sekadar melihat kemegahan IC NTB,” ungkap Mahally menjawab wartawan, Jumat (2/6).

Wakil Ketua DPRD NTB itu mengatakan, adanya Festival Khazanah Ramadhan sangat mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke IC. Apalagi, setiap malamnya, para imam dari sejumlah negara mulai Mesir, India dan Maroko datang langsung memimpin pelaksanaan shalat tarawih.

“Saya pantau langsung, ada pula wisatawan yang ikut shalat tarawih dan setiap malam semua shaft terisi penuh oleh ribuan jemaah. Jujur, banyaknya pengunjung ke IC ini tidak terbayang sebelumnya,” tegas Mahally Fikri.

Dinas Pariwisata NTB sendiri menargetkan jumlah kunjungan muslim bisa semakin meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.“Jumlah wisatawan muslim ke NTB itu sebanyak 20 persen dari total kunjungan tiga juta wisatawan. Tahun ini trennya meningkat, kita lihat di Islamic Center itu banyak wisatawan muslim yang berkunjung,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata NTB H.L.Moh.Faozal, MSi, dikonfirmasi terpisah.

Ia mengatakan target kunjungan wisatawan muslim tahun ini meningkat mengingat adanya event Festival Pesona Khazanah Ramadan. Ia mengatakan, selama Ramadan akan menggaet wisatawan muslim dengan berbagai aktivitas event yang akan diselenggarakan.
“Kita ingin wisatawan muslim itu merasakan suasana Ramadan seperti di Madinah. Jadi wisatawan muslim itu bisa merasakan suasana Ramadan yang berbeda dari biasanya. Kita hadirkan pula imam-imam besar dari Timur Tengah,” ujarnya.

Target untuk mendatangkan wisatawan muslim ini berkaitan dengan wisata halal yang sudah disandang oleh NTB. Selama ini wisata konvensional masih lebih diminati dibandingkan wisata halal. Terbukti dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan tiga gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

“Kita ingin Islamic Center ini sebagai ikon wisata halal di NTB. Jadi kita pusatkan semua acara dan kegiatan disana. Kita ingin wisatawan menikmati suasana IC selama Ramadan,” ucapnya.

Kunjungan wisatawan muslim ini diharapkan mampu menambah target kunjungan 3,5 juta wisatawan ke NTB. Sebab pergerakan wisatawan muslim di seluruh dunia semakin meningkat. Faozal berharap kesempatan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya wisatawan. Sehingga wisata halal dan wisata konvensional di NTB dapat seimbang.

“Semoga wisatawan muslim semakin banyak yang berkunjung. Karena NTB punya banyak destinasi halal yang dapat dikunjungi. Terlebih dengan adanya ikon baru, yaitu Islamic Ceter,” tandasnya. fahrul.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

MOLOR, PAW DUA ANGGOTA DPRD NTB

MATARAM, DS – Proses pergantian antar waktu (PAW) terhadap dua orang anggota DPRD NTB, HL. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *