Senin , 14 Agustus 2017
Home / Politik / Rakor Camat dan Kades Soal Pilkades di Lotim
Suasana Rakor Camat dan Kades di Lotim

Rakor Camat dan Kades Soal Pilkades di Lotim

SELONG,DS-Bupati Lombok Timur, yang diwakili Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lombok Timur,  Drs. H. M. Juaini Taofik, MM menghadiri Rapat Koordinasi Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (12/8) di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lombok Timur.Hadir dalam acara tersebut Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Lombok Timur.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur menyampaikan bahwa rapat koordinasi hari ini membahas tentang Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Lombok Timur Tahun  2017 yang akan diadakan pada bulan Desember.

Pemilihan Kepala Desa Tahap II tahun 2017 semula sebanyak 142 Desa  (Kepala Desa yang berakhir dari bulan April 2017 s.d Maret 2018), bertambah 17 Desa  dari Kepala Desa yang berakhir dari bulan Agustus s. d Desember  2018 sehingga jumlah Desa  yang akan melaksanakn pemilihan Kepala Desa sebanyak 159 Desa.

“Ada 4 tahap pemilihan Kepala Desa serentak,  yaitu Persiapan, Pencalonan, pemungutan Suara dan Penetapan, Sampai dilantik oleh Bupati Lombok Timur,” ungkap Taofik.

Disampaikan juga pembiayaan untuk Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa bersumber dari APBD Kabupaten Lombok Timur dan bersumber dari APBDes Masing-masing  Desa yang melaksanakn pemilihan Kepala Desa dan pembiayaan pengamanan Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2017, telah dianggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui DPA DPMD  Kabupaten Lombok Timur Tahun Anggaran 2017.

Taufik juga menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor  113 tahun  2014 tentang pengelolaan Keuangan Desa  terutama pada pasal  33 yang mengatur tentang perubahan Peraturan Desa dan pasal  34  dalam hal bantuan keuangan dari APBD Provinsi dan APBD kabupaten /kota  serta hibah dan bantuan pihak ketiga yang tidak mengikat ke desa, disalurkan setelah ditetapkannya Peraturan Desa ttg Perubahan APBDes, perubahan diatur dengan Peraturan Kades ttg APBDes.

Taofik berharap pemilihan Kepala Desa Nanti berjalan dengan tertib, aman dan lancar. “Untuk itu dimohon Dukungan semua pihak agar semua kegiatan pemilihan nanti berjalan baik sesuai yang direncanakan,” ungkapnya.hmslt

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

TMP NTB Nilai TGB ‘Pemimpin’ Tak Siap Kritik

MATARAM, DS – Kritik konstruktif yang dilontarkan DPD PDIP NTB dengan sajian data-data otentik terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *