Rabu , 21 November 2018
Home / Politik / KPU Sarankan Caleg Perbanyak Turun Sosialisasi ke Masyarakat
Lalu Aksar Anshori SP

KPU Sarankan Caleg Perbanyak Turun Sosialisasi ke Masyarakat

MATARAM, DS –Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori mengingatkan para calon legislatif (caleg) Pemilu tahun 2019 untuk mematuhi jadwal iklan kampanye di media massa.  Menurut dia, para caleg diperkenankan memasang iklan kampanye baru pada 24 Maret hingga 13 April tahun 2019. Hal itu sesuai pada Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye.

“Iklan kampanye itu waktunya sesuai PKPU adalah selama 21 hari,” ujar Aksar menjawab wartawan, Senin (19/11). Berdasarkan aturan tersebut, masa kampanye dilakukan selama 21 hari hingga satu hari sebelum dimulainya masa tenang. Masa tenang akan berlangsung selama tiga hari.

Aksar menuturkan, saat ini, seluruh  peserta pemilu tengah memasuki masa kampanye, yang dimulai pada 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Untuk iklan kampanye di media massa pada 24 Maret sampai 13 April 2019. Sedangkan masa tenang akan dimulai pada 13 April hingga 16 April 2019.

Ia meminta para caleg agar memanfaatkan waktu kampanye saat ini dengan aktif menemui masyarakat di daerah pemilihannya. “Jadi, ngapain memperbanyak memasang baliho, poster atau spanduk dengan memasang foto calegnya. Itu tidak efektif karena di kertas suara itu tidak ada gambar foto caleg,” tegas Aksar.

“Yang ada di kertas suara itu nomor urut calon dan tanda gambar partai ukurannya empat baris dan empat kolom. Jadi, jika ingin dipilih oleh rakyat, maka perbanyaklah bertatap muka dengan masyarakat,” tambahnya.

Aksar menambahkan, pada masa kampanyenya saat ini, pihaknya tidak akan pernah membatasi waktu pelaksanaanya. Bahkan, jika menyasar pemilih pelajar, KPU mempersilahkannya sepanjang tidak dilakukan di areal gedung sekolah.

“Kalau di luar sekolah, silahkan manfaatkan waktu memperkenankan programnya pada pemilih pelajar maupun mahasiswa asalkan tidak di kampus maupun gedung sekolah,” tandas Aksar Anshori. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur Janji Bahagiakan Warga NTB

MATARAM,DS-Gubernur NTB, Dr.Zulkieflimansyah menegaskan dalam lima tahun kedepan akan terus fokus mewujudkan tiga hal penting, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *