Kamis , 1 Maret 2018
Home / Politik / KPU NTB Sebar “Template” Braille untuk Pemilih Disabilitas di Semua TPS
Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori menunjukkan contoh surat suara yang merupakan alat bantu pemilih tuna netra saat sosialisasi pada penyandang disabilitas

KPU NTB Sebar “Template” Braille untuk Pemilih Disabilitas di Semua TPS

MATARAM, DS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB akan  menyiapkan template khusus untuk surat suara pemilih penyandang tunanetra pada Pilkada Serentak 2018. Direncanakan, template surat suara tersebut dilengkapi dengan huruf braille untuk disebar ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang jumlahnya mencapai 8.336 buah dan berada di 10 kabupaten/kota di NTB.

“Ini yang untuk tunanetra. Jadi ini surat suara dimasukkan ke dalam template. Ini sudah sesuai nomor urutnya. Nanti tinggal mencoblos di salah satu (nomor) pasangan calon (paslon) di Pilkada 2018,” ujar Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori menjawab wartawan di ruang kerjanya, Selasa (27/2).

Menurutnya, jumlah pemilih dari para penyandang disabilitas dalam Pilgub NTB kali ini, diprediksi bakal mengalami peningkatan signifikan mencapai 6 ribu orang bila dibandingkan pada pemilu 2013 lalu yang angkanya hanya sekitar 2 ribu orang.

Peningkatan jumlah itu diketahui pasca kegiatan sosialisasi pelaksanaan pemilihan gubernur (pilgub) NTB kepada Perhimpunan Tunanetra Indonesia (Pertuni) NTB yang digelar pada Minggu (25/2) lalu di Kecamatan Kediri, Lombok Barat (Lobar).

Selain itu, kegiatan serupa sebelumnya juga dilaksanakan di SLB Selagalas, Kota Mataram serta RSJ NTB. Bahkan, saat menghadirkan organisasi pemilu akses, yakni Agenda beberapa saat lalu.

“Intensifnya, kegiatan yang kita lakukan bersama penyandang disabilitas dan melibatkan mereka pada komunitas pemilu dan pemilih pemula saat ini berdampak ada peningkatan data pemilihnya. Insya Allah, kita prediksi partisipasi pemilih dari penyandang disabilitas bakal meningkat signifikan pada Pemilukada tahun ini,” jelas Aksar.

Ia menuturkan, saat sosialisasi bersama Pertuni NTB yang diikuti oleh puluhan penyandang disabilitas dari seluruh kabupaten dan kota di NTB. Aksar mengaku, kaget lantaran peserta sosialisasi tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Umumnya, mereka mencermati materi terkait tahapan pelaksanaan Pilkada NTB 2018. “Yang menarik, meski belum disodorkan alat bantu pemilih, para penyandang disabilitas tahu betul profil siapa empat paslon yang akan bertarung pada Pilgub kali ini. Jujur ini yang membuat saya kaget,” kata Aksar.

Dari sosialisasi terhadap para penyandang disabilitas itu. Ia menambahkan, mereka tidak menghendaki saat masuk ke bilik TPS, penyandang disabilitas itu didampingi. Hal itu menyusul, sering kali saat mencoblos, para pendamping mereka justru berbeda memilih paslon yang penyandang disabilitas kehendaki untuk dipilih.

“Penyandang disabilitas sudah pada pintar dan mereka tidak mau lagi dibohongi dalam Pilkada kali ini. Jadi, khusus yang untuk tunanetra. Teknisnya, surat suara dimasukkan ke dalam template. Ini sudah sesuai nomor urutnya. Nanti tinggal mereka mencoblos di salah satu (nomor) paslon yang sudah tertera,” tandas Aksar seraya akan menginformasikan kepada petugas TPS di semua wilayah NTB agar tidak lagi melakukan praktik membohongi penyandang disabilitas tersebut. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Paslon Ali-Sakti Terbanyak Daftarkan Akun Medsos

MATARAM, DS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB memastikan sebanyak empat pasangan calon (paslon) …

No comments

  1. Your comment is awaiting moderation.

    Top-notch news it iѕ really. Friend on mine
    has been looкing for this tips.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *