Selasa , 24 Juli 2018
Home / Politik / Hari Ini Rapat Pleno Penetapan Gubernur dan Wagub NTB Terpilih
Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori SP

Hari Ini Rapat Pleno Penetapan Gubernur dan Wagub NTB Terpilih

MATARAM, DS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB mengatakan, persiapan sidang pleno terbuka penetapan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat terpilih periode 2018-2023, sudah siap 100 persen pada Selasa (23/7, hari ini) di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram.

          Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Anshori SP, menyatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi finalisasi persiapan dengan pihak keamanan. Yakni, Polda NTB dan Polres Mataram. “Hasilnya, pihak keamanan menyatakan kesiapan mereka mengamankan acara pokok, yakni rapat pleno penetapan calon gubernur dan wakil gubernur NTB terpilih periode 2018-2023 itu,” ujarnya menjawab wartawan, Senin (23/7).

          Aksar mengaku telah mengundang seluruh paslon Pilkada NTB bersama parpol pengusung mereka. Selain itu, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemprov NTB, Forkopinda, Ketua DPRD, pimpinan ormas, ketua KPU kabupaten/kota serta pimpinan ormas di NTB tidak lupa dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

          Dalam kegiatan itu tidak boleh ada protes apapun termasuk dari Bawaslu NTB maupun parpol pengusung paslon Pilkada NTB 2018. Pasalnya,  Mahkamah Konstitusi (MK) telah memberikan surat tanda terima terkait tidak adanya gugatan atau sengketa dalam Pilgub NTB kali ini.

          “Kita berharap, empat paslon yang bertanding saat Pilkada lalu bisa hadir pada kegiatan tersebut. Kehadiran mereka sangat penting, karena kita ingin menjadikan acara ini sebagai media silaturahami paslon dan parpol pengusungnya. Tentunya, dengan pemimpin baru di NTB,” jelas Aksar.

          Menurut dia, sesuai informasi dari pihak keamanan, dipastikan tidak akan ada aksi demonstrasi apapun dari pihak yang keberatan terkait hasil Pilgub NTB 2018.

          “Sementara, belum ada surat pemberitahuan terkait adanya aksi demonstrasi dari Polda NTB dari hasil rakor kami tadi pagi. Semoga kita berharap janganlah ada aksi-aksi kayak gitu, karena jika keberatan seharusnya pada sisa tiga hari pasca pleno rekapitulasi suara lalu dan berujung ke MK,” tandas Aksar.

          Ia menambahkan, untuk pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih periode 2018-2023 direncanakan berlangsung serentak di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Meski demikian, Aksar mengaku, belum mengetahui detail kapan waktu pelaksanaanya untuk Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih.

          “Kalau informasi lisan, pada 17 September 2018 memang ada pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur gelombang pertama oleh Presiden Jokowi, tapi kita tidak tahu apakah NTB masuk ke gelombang yang keberapa?. Sejauh ini, belum ada informasi kepastiannya,” pungkas Aksar.

          Diketahui, pada rapat pleno rekapitulasi KPU NTB yang berlangsung pada Minggu (8/7) lalu dan berakhir pada pukul 19.19 WITA di Hotel Lombok Raya Kota Mataram. Hasilnya, calon gubernur nomor urut 3, Dr. Zulkieflimansyah dan Siti Rohmi Djalilah berhasil unggul dari tiga paslon lainnya. Yakni, paslon nomor 1, Suhaili-Amin meraih suara 674.602 dan berada pada peringkat kedua.

Selanjutnya, paslon nomor 2, Ahyar-Mori berada pada peringkat ketiga dengan raihan 637.048 suara. Dan, peringkat keempat adalah paslon jalur independen, Ali-Sakti dengan raihan suara sebanyak 430.007 suara.

Sementara itu, Zul bersama Rohmi berhasil memperoleh suara terbanyak dengan raihan suara sebanyak 811.945. RUL

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

4 Komisioner Kabupaten Pengganti Antar Waktu Dilantik Ketua KPU NTB

MATARAM, DS – Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori SP melantik empat orang anggota KPU …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *