Rabu , 26 September 2018
Home / Politik / Gubernur NTB Lantik Dua Pasang Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2018 
Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimasnyah  resmi melantik dua pasang kepala daerah

Gubernur NTB Lantik Dua Pasang Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2018 

MATARAM, DS – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimasnyah  resmi melantik dua pasang kepala daerah hasil Pilkada Serentak Juni 2018, di Selaparang Ballroom Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Rabu (26/9). Proses pelantikan berjalan khidmat.

Pelantikan para kepala daerah tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang pemberhentian penjabat walikota, penjabat bupati serta wali kota periode 2013-2018 dan pengangkatan para kepala daerah periode 2018-2023.

Upacara pelantikan dimulai sekitar pukul 14.00  WITA. Gubernur memimpin secara langsung upacara pelantikan tersebut. Dua pasang kepala daerah yang dilantik terdiri dari, Walikota dan Wakil Walikota Bima Muhammad Lutfi-Feri Sofiyan, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur HM.Sukiman Azmy-H.Rumaksi SJ.

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan dalam negeri. Setelah itu, masing-masing pasangan kepala daerah diambil sumpah jabatan secara bergantian oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

“Sebelum saya mengambil sumpah, saya bertanya apakah anda bersedia untuk diambil sumpah,” tanya pria yang akrab disapa Doktor Zul itu.

Para kepala daerah dengan lantang menjawab pertanyaan dari orang nomor satu di NTB. “Bersedia” secara serempak.

Zul kemudian melanjutkan, dengan mengingatkan kepada para kepala daerah yang dilantik untuk patuh terhadap sumpah jabatan yang telah diucapkan. “Sumpah ini disamping disaksikan diri sendiri dan penting sekali, bahwa sumpah ini disaksikan Tuhan. Sumpah ini adalah janji kepada tuhan dan manusia,” ucapnya.

Usai diambil sumpah para kepala daerah tersebut, kemudian menandatangani pakta integritas dan berita acara pengucapan sumpah jabatan. Acara pelantikan enam pasangan kepala daerah berjalan begitu khidmat. Sejumlah tamu undangan mulai dari ketua parpol pengusung kedua pasang kepala daerah itu, termasuk anggota DPR RI H. Rachmat Hidayat dan tamu undangan lainnya hadir menyaksikan acara pelantikan.

Menjawab wartawan, Gubernur NTB mengaku dirinya tidak memiliki persoalan apapun dengan dua pasang kepala daerah itu. Oleh karena itu, persoalan koordinasi antara pemerintah provinsi dengan pemda kabupaten/kota yang selama ini kurang berjalan baik, diyakini akan bisa berjalan baik kedepannya.

“Dengan Pak Walikota Bima, dia itu kawan saya sejak menjabat 10 tahun di DPR RI. Termasuk dengan Pak Sukiman, saya berkomunikasi juga sudah sangat lama. Sehingga, modal sosial yang sudah cukup lama terbangun ini kita harapkan akan mampu menjadi lebih baik,” ungkap Zulkieflimansyah.

Gubernur berharap kedua pasang kepala daerah itu bisa langsung bekerja. Khususnya, bupati dan wakil bupati Lombok Timur. Hal itu menyusul, ada sejumlah wilayah di kabupaten terpadat penduduknya di NTB itu yang terdampak bencana gempa bumi dan membutuhkan penanganan yang cepat.

“Tapi, saya optimis dengan pengalaman Pak Sukisman, mudahan penanganan pasca bencana pada masa rehabilitasi dan kontruksi di Lotim saat ini hasilnya akanlebih baik. Termasuk, pak walikota Bima juga bukan orang baru, sehingga pelayanan birokrasi di Kota Bima akan lebih baik kedepannya,” tegas Zulkieflimansyah.

Terkait pelaksanaan pelatikan dua kepala daerah di hotel berbintang, menurut Gubernur, dirinya sudah membicarakan persoalan ini dengan Ketua DPRD NTB. Dipastikan, pelaksanaan pelantikan kepala daerah kedepannya akan dilakukan di kantor Gubernur NTB.

Doktor Zul menambahkan, pilihan hotel kali ini dipicu adanya persoalan teknis terkait jadwal yang seharusnya pelantikannya pada 20 Oktober namun dimajukan hari ini.

“Mungkin bisa jadi, karena kantor gubernur ada sebagian bangunannya terdampak gempa yang masih dalam perbaikan, sehingga dilakukan di hotel. Tapi, Insya Allah semua aktifitas pelantikan bupati dan walikota akan kita lakukan kedepannya di kantor gubernur NTB,” tandas Gubernur seraya menambahkan, para kepala daerah yang baru dilantik sebaiknya banyak turun mendatangi warganya guna mendengar aspirasi masyarakat. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur danWagub NTB Terpilih Dilantik Presiden

MATARAM, DS – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur NTB …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *