Selasa , 13 November 2018
Home / Politik / Gubernur Janji Bahagiakan Warga NTB
Dr.Zulkieflimansyah

Gubernur Janji Bahagiakan Warga NTB

MATARAM,DS-Gubernur NTB, Dr.Zulkieflimansyah menegaskan dalam lima tahun kedepan akan terus fokus mewujudkan tiga hal penting, masing-masing menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi investasi,memastikan NTB aman serta membahagiakan warga NTB.

 Hal itu mengemuka dalam jawaban pertanyaan Fraksi Partai Golkar, Fraksi PPP, Fraksi Partai Demokrat, dan Fraksi PAN terkait dengan langkah-langkah konkrit untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di daerah, pada  jawaban gubernur atas pemandangan umum fraksi-fraksi  tentang rancangan awal RPJM Provinsi NTB Tahun 2018-2023 di Gedung Udayana, Senin (12/11).

Menurut gubernur, permasalahan tersebut telah menjadi isu strategis dalam rpjmd tahun 2018 – 2023. Bahkan, pada prinsipnya eksekutif sependapat dengan fraksi –fraksi tersebut.

Khususnya untuk industri pengolahan dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah akan menghadirkan industri mesin olahan berbasis komoditi unggulan, sumber daya lokal yang produksinya mencukupi, kualitas memadai, terjamin kontinuitasnya, akses pasarnya terbuka dan memiliki daya saing tinggi. Termasuk, untuk memenuhi dan mengisi kebutuhan pasar lokal sehingga ketergantungan pasokan dari luar bisa dikurangi.

Selain itu melakukan fasilitasi investasi yang membuka lapangan kerja, menularkan keterampilan dan skil –transfer of knowledges., pelatihan sdm lokal agar memiliki kapasitas memadai untuk terserap dalam pasar kerja yang masih terbuka; Menciptakan iklim investasi dengan insentif berbasis regulasi lokal (gubernur/walikota/bupati) tanpa harus menunggu keringanan kewajiban kewenangan pusat ; Memfasilitasi hambatan-hambatan realisasi investasi yang terjadi di level masyarakat, kabupaten dan kota; Memperluas investasi berbasis daya dukung ekosistem, sesuai arahan pola dan struktur ruang;

      Guna memastikan NTB aman, nyaman dan menyenangkan bagi wisatawan, akan dilakukan upaya membangun destinasi wisata berbasis komunitas dengan memperbanyak desa wisata dan atraksi; Memastikan kebersihan dan kerapihan destinasi utama pariwisata ntb (3 gili, gunung rinjani, sekotong, mandalika) memperbanyak destinasi baru di pulau sumbawa dengan membangun konektifitas antar destinasi untuk memperpanjang lama tinggal.

Selain itu, menyiapkan destinasi berkarakter khusus berbasis kultur lokal, spesifikasi lansekap dan sejenisnya; Melakukan sosialisasi, advokasi, provokasi dan peningkatan kapasitas untuk warga sekitar destinasi untuk pengelolaan sampah agar destinasi terlihat rapi, bersih dan menyenangkan untuk dikunjungi; Membentuk kelompok-kelompok pemuda pelopor pariwisata di destinasi-destinasi utama dan bakal destinasi potensial berkembang dalam hal menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan destinasi.

Lantas bagaimana membahagiakan warga NTB di tanah kelahirannya? Dr.Zul memiliki formula dengan memperluas akses dan mutu pendidikan dan kesehatan untuk membangun manusia NTB yang sehat dan cerdas; NTB care, penanganan cepat terhadap keluhan dan persoalan-persoalan langsung yang terjadi di level warga dan keluarga; serta meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan keterampilan. ian

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur dan Wagub NTB Temui Warga NTB Setiap Jumat Pagi

Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah memberikan nuansa baru dalam pemerintahan NTB …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *