Minggu , 11 Juni 2017
Home / Politik / CAGUB PKB DIUMUMKAN JUNI
Ketua DPW PKB NTB H Lalu Hadrian Irfani saat menerima pengembalian formulir Mori Hanafi selaku Bacawagub NTB

CAGUB PKB DIUMUMKAN JUNI

MATARAM, DS – DPW PKB NTB akan menjadi parpol paling awal mengumumkan pasangan bakal calon gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) NTB yang diusung dalam Pilkada NTB tahun 2018. Ditargetkan, antara Juni dan Juli paket pasangan diumumkan ke publik.

Ketua DPW PKB NTB, H Lalu Hadrian Irfani, mengatakan, pilihan mempercepat pengumuman itu lantaran PKB ingin memecah kebuntuan politik yang terjadi dalam konstalasi pesta politik lima tahunan di NTB saat ini. Hal itu seiring adanya instruksi DPP PKB yang juga menghendaki agar pengumuman di Pilkada serentak di Indonesia dilakukan lebih awal.

“Harapannya jelas, tidak lain agar pasangan yang kita usung bisa aktif dan fokus menyosialisasikan diri guna meningkatkan elektabilitasnya mereka di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya disela-sela menerima pengembalian formulir Bacawagub NTB yang dilakukan Mori Hanafi, Selasa sore (23/5).

Menurutnya, PKB berkeinginan dalam berpolitik menjelang suksesi tidak lagi terjadi saling kebekuan dan saling pantau. Oleh karena itu, sebanyak sembilan figur bacagub dan bacawagub yang telah mengembalikan formulir pendaftarannya dari awalnya sebanyak 12 orang yang mengambil formulir itu akan dilakukan proses lanjutannya.

Dari sembilan figur yang telah mengembalikan formulir pendaftarannya di PKB, empat diantaranya merupakan figur orang nomor dua. Sementara, lima lainnya memposisikan diri sebagai bakal calon gubernur NTB diantaranya Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, Mantan Danrem Lalu Rudy Irham Srigede, Bupati Loteng H. Suhaili FT, Wakil Ketua DPD RI Prof Farouk Muhamad dan H. Muhamad Rusni (pengusaha properti sukses di Mataram).

Khusus figur Bacawagub NTB, selain Mori Hanafi, terdapat nama Wagub petahana H. Muhamad Amin, Gede Sakti dan Subuhunnuri.

“Tapi, dari pemetaan kami di bawah, nampaknya sinyal yang dikehendaki oleh masyarakat terkait figur nomor duanya, malah ada keingin adanya perubahan kepemimpinan. Dan, yang menarik figur yang diingkan itu adalah Pak Mori Hanafi yang kini telah mengembalikan formulirnya,” ujar Lalu Hadrian.

Terkait figur orang nomor satu, dari simulasi pemetaan melalui hasil aspirasi masyarakat, umumnya elektabilitas antar kandidat yang mendaftarkan diri dan telah mengembalikan formulirnya justru, posisinya tidak berbeda jauh alias seimbang.

“Sehingga, kami akan coba melakukan survei lanjutan setelah agenda penyampaian visi dan misi kandidat bacagub dan bacawagub NTB dalam waktu dekat ini,” kata Lalu Ari.

Terkait kesolidan PKB yang masuk dalam Parpol Koalisi Poros Tengah, hingga kini komunikasi dengan para petinggi parpol lainnya (PPP dan PAN), masih terjalin baik. Bahkan, ada kecocokan ketiga parpol terkait sinyal memberikan periotas utama pada Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi untuk ditempatkan pada urutan paling atas guna diajukan sebagai figur nomor dua.

Sebab, kemampuan dan pengalaman personalnya yang teruji selama dua periode duduk di kursi DPRD NTB yang piawai dibidang keuangan dirasa sangat tepat dalam menjembatani persoalan kesenjangan perekonomian masyarakat di dua wilayah di NTB, yakni Pulau Lombok dan Sumbawa.

“Sekarang dan selanjutnya, kita minta Pak Mori dan timnya bekerja lebih giat lagi meningkatkan elektabilitasnya ditengah-tengah masyarakat. Tapi, kalau boleh jujur, kedatangan timnya Pak Mori Hanafi bersama para tokoh dari Pulau Sumbawa saat ini adalah yang terbesar dari sejumlah figur lainnya. Ini jelas jadi catatan dan point tersendiri bagi PKB dan parpol Koalisi Poros Tengah,” tandas Lalu Hadrian Irfani. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

MOLOR, PAW DUA ANGGOTA DPRD NTB

MATARAM, DS – Proses pergantian antar waktu (PAW) terhadap dua orang anggota DPRD NTB, HL. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *