Kamis , 15 November 2018
Home / Politik / Abdul Hadi : Janji Rehabilitasi NTB Harus Dituntaskan
Abdul Hadi

Abdul Hadi : Janji Rehabilitasi NTB Harus Dituntaskan

MATARAM, DS – Wakil Ketua DPRD NTB H. Abdul Hadi meminta pemerintah pusat segera menuntaskan janjinya untuk menyelesaikan rehabilitasi dan rekonstruksi di NTB.

“Kita sudah memasuki tiga bulan pascagempa, sudah mulai turun hujan yang menimpa warga. Kami meminta pemerintah lebih cepat bisa memberikan bantuan kepada warga, polanya mungkin supaya lebih terintegrasi dan lebih cepat intinya,” ujar Hadi menjawab wartawan, Rabu (14/11).

Menurut Hadi, persoalan mekanisme administrasi yang selama ini menjadi ganjalan sebaiknya disederhanakan agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi bisa berjalan lebih cepat.

“Kami sangat berharap dari APBD, APBN, dan bantuan pusat tetap jadi perhatian dan sasaran dari pembangunan. Fasilitas umum seperti masjid, sekolah, puskesmas, kantor (yang rusak) juga menjadi bagian yang harus diperhatikan sesuai dengan kewenangan,” kata dia.

Hadi mengapresiasi model bangunan yang tidak terpaku pada rumah instan sederhana sehat (Risha). Hadi menjelaskan, lambatnya proses rehabilitasi dan rekonstruksi selama ini karena persoalan ketersediaan bahan bangunan dan tenaga kerja.

“Pemerintah harus memastikan ketersediaan bahan, kalau langka akan jadi mahal, kami harap itu dijamin pemerintah agar harga bahan bangunan terjangkau,” ucap dia.

Pun dengan tenaga kerja, Hadi meminta pemerintah tetap mengedepankan kualitas dari tenaga kerja. Hal ini dimaksudkan agar kualitas bangunan tetap terjaga. “Harus tetap ada pendampingan,” tegas dia.

Hadi menilai, pemerintah bisa belajar dari model bangunan semi permanen yang dibuat lembaga kemanusiaan. Meski tidak terlalu mewah, namun warga merasa nyaman tinggal dan tidak khawatir.

“Memulihkan pascagempa butuh waktu yg agak lama, psikologi dan trauma butuh segera disadarkan dan kembali bekerja,” ungkapnya.

Hadi juga menyoroti dana bantuan jaminan hidup (jadup) yang dijanjikan pemerintah pusat belum terealisasi hingga kini.

“Segera diwujudkan karena bagian dari janji, pemerintah harus segera mewujudkan. Masih belum kita lihat (jadup), belum ada wujud bantuan itu belum kita dengar,” tandas dia. RUL.

 

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Konflik Antar Pengurus Terus Terjadi DPRD NTB Wacanakan Moratorium Dana Hibah ke BPPD NTB

  MATARAM, DS – Kisruh kepengurusan di Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB antara kubu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *