Rabu , 14 November 2018
Home / Pendidikan / Tuan Rumah PON 2024 Bersama Bali NTB Siapkan Tagline Sport Tourism and Culture
Gubernur NTB (kanan) saat menerima pengurus KONI NTB terkait kesiapan NTB dan Bali jadi tuan rumah PON XXI tahun 2024

Tuan Rumah PON 2024 Bersama Bali NTB Siapkan Tagline Sport Tourism and Culture

 

MATARAM, DS – Pemprov NTB melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 bersama Provinsi Bali.  Kesiapan ditunjukkan dengan telah adanya tagline bertajuk sport tourism and culture.

Langkah itu dimaksudkan agar sektor wisata dan budaya di kedua wilayah ini  mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan datang pada perhelatan PON mendatang.

Gubernur NTB, Dr.TGH Muhamad Zainul Majdi, saat menerima ketua dan pengurus KONI NTB di pendopo gubernuran Rabu (8/3) sore, menyatakan pemilihan tagline itu  sangat tepat. Sebab, secara objektif, baik provinsi NTB dan Bali,  sangat populer dari sisi angka kunjungan wisatawannya.

“Jika sport tourism and culture, maka itu akan membuat siapapun akan merasa nyaman, karena kita punya keuntungan citra yang bagus.  Dari sisi akses sudah bagus, fasilitas olahraga lebih komprehensif. Jika tidak ada di Bali ada di Lombok,” ujar gubernur.

Menurutnya, agar bisa menjadi salah satu tuan rumah PON XXI tahun 2024,  kesiapan sarana dan prasarana pendukung harus mulai dibenahi diantaranya infrastruktur olahraga harus mulai direnovasi untuk memenuhi standar nasional.

Selain itu, penyiapan fasilitas penyeberangan Bali dan Lombok berupa kapal cepat harus digratiskan untuk para atlet dan pelatih. Bahkan, minimal sekitar 20.000 kamar-kamar hotel juga sudah disiapkan oleh pihak tuan rumah.

“Semua bupati dan walikota juga harus siap mendukung penyelenggaraan PON. Karena, kita punya potensi.  Makanya, mulai dari sekarang, segala-galanya  harus disiapkan sebaik-baiknya.  Mudah-mudahan keinginan ini bisa terwujud, karena ini akan jadi kebanggan kita semua,” kata TGB.

Ia meminta para pengurus KONI NTB harus mulai memastikan segala persiapan PON 2024 mendatang dapat berjalan lancar. Diantaranya, aspek kebersihan, higienitas lingkungan, dan penerangan jalan.

”Termasuk, anak-anak yang akan menjadi atlet NTB harus betul-betul diperhatikan. Selain itu, kenyamanan para atlet harus ditingkatkan, sebab itu semua adalah aset NTB,” tandas Zainul Majdi.

Diketahui, Bali dan NTB mengajukan diri sebagai penyelenggara pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut karena memiliki kepantasan dari segala aspek.

Keberadaam sejumlah perguruan tinggi di Bali dan NTB menjawab kebutuhan sumber daya manusia pelaku olahraga sebagai modal melaksanakan dan menyukseskan PON dimaksud.

Sarana dan prasarana yang dimiliki cabang olahraga sudah terpenuhi 80 persen memadai dan kurun waktu enam tahun cukup untuk menyempurnakan kebutuhan sarana tersebut.

“Jangan ragukan Bali dan NTB dalam hal pengelolaan event karena kedua daerah cukup berpengalaman menata perhelatan hingga taraf internasional,” kata Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto.fahrul

 

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Wagub Bangga Perempuan NTB Hebat

MATARAM,DS-Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat sekaligus Ketua Umum BKOW Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *