Senin , 20 November 2017
Home / Pendidikan / Sambut Gelar Pahlawan Nasional YBS Gelar Lomba Desain Poster Maulanasyekh Berhadiah Puluhan Juta
Nurdin dan panitia lomba poster

Sambut Gelar Pahlawan Nasional YBS Gelar Lomba Desain Poster Maulanasyekh Berhadiah Puluhan Juta

MATARAM, DS – Yayasan Sumbawa Bangkit (YBS) bakal menggelar kegiatan lomba desain poster pahlawan nasional TGKH. Zainuddin Abdul Majid pada 10 Nopember sampai 7 Desember tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan yang kali pertama diselenggarakan itu akan memperebutkan hadiah puluhan jutaan rupiah. Rinciannya, juara pertama akan meraih Rp 10 juta, juara dua meraih Rp 7,5 juta, Rp 5 juta untuk juara tiga, juara empat Rp 2,5 juta dan Rp 1,5 juta untuk juara kelima.

Ketua Panitia Lomba, Megawati Lestari mengatakan, pihaknya tidak membatasi kepersetaan masyarakat yang akan mengikuti kegiatan tersebut sepanjang individu (perorangan). Lantaran, ada tiga katagori yang hanya dipersyaratkan. Yakni, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Meski demikian, para pesertanya dibebankan biaya pendaftaran sebesar Rp 50 ribu. “Yang jelas kita bebaskan pesertanya hanya melampirkan foto kopi KTP atau kartu pelajar bagi mahasiswa dan pelajar. Karena, lomba inj adalah untuk umum,” ujar Mega menjawab wartawan di salah satu kafe di Kota Mataram, Selasa (7/11), petang, kemarin.

Ia mengaku, pengumuman pemenang akan dilakukan pada saat HUT NTB yang jatuh tanggal 17 Desember mendatang. Diharapkan, desaian yang dikirimkan ke pihak panitia adalah orisinil yang belum dilombakan pada event sebelumnya. Dimana, sumber disainnya harus merujuk pada foto-foto pahlawan nasional asal NTB yang akan ditetapkan pada hari pahlawan tahun ini.

Selain itu, kata Mega, disain yang dikirimkan harus dilengkapi dengan ilustrasi kata-kata yang menggambarkan perjuangan Maulanasyekh selama ini. “Kegiatan lomba ini murni inisiatif kami guna memasifkan pahlawan asal NTB yang pertama kali ada,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sumbawa Bangkit, Nurdin Ranggabarani MH,  mengatakan, jika anugrah pahlawan nasional yang diperoleh tokoh asal NTB harus disyukuri oleh siapapun.

Oleh karena itu, cara efektif menggaungkan gelar pahlawan nasional disemua lapisan masyarakat. Salah satunya, melalui gelaran lomba desain poster kali ini.

“Saya dan seluruh panitia adalah bukan pengurus dan kader ormas Nahdatul Wathan (NW) yang didirikan oleh Maulanasyekh, tapi kita bangga sebagai orang NTB atas prestasi anugrah pahlawan asal NTB yang pertama sejak 72 tahun bangsa Indonesia merdeka,” tegas Nurdin.

Anggota DPRD NTB itu mengaku, pemenang lomba poster ini akan diusulkan pihaknya ke pemerintah pusat agar bisa menjadi poster resmi bagi Maulanasyekh kedepannya.

Apalagi, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah berkomitmen akan terus membantu mengawal kegiatan ini dengan mendatangkan perwakilan pejabat pemerintah pusat untuk bisa hadir saat pengumuman pemenangnya. “Termasuk melobi Presiden Jokowi atau Wapres Jusuf Kalla melalui kementrian terkait untuk bisa hadir pada malam puncak penyerahan hadiahnya,” tandas Nurdin Ranggabarani.fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

NTB Helat Gerak Jalan Kebangsaan Sambut Maulanasyekh jadi Pahlawan

MATARAM, DS – Gerak jalan yang digelar untuk memperingati Hari Pahlawan di NTB pada tahun ini diikuti ribuan peserta, baik ASN, guru dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *