Senin , 13 November 2017
Home / Pendidikan / Ombudsman NTB Ajak Masyarakat Berani Lapor
Kepala Perwakilan Ombudsman NTB Adhar Hakim menyerahkan bingkisan kepada masyarakat yang telah datang meramaikan stand pengaduan yang di gelar di Car Free Day, Uadayana, Kota Mataram

Ombudsman NTB Ajak Masyarakat Berani Lapor

MATARAM, DS – Ombudsman perwakilan NTB menilai, pelaporan yang dilakukan masyarakat terkait persoalan pelayanan publik belum seluruhnya dilakukan. Oleh karena itu, guna mendorong partisipasi masyarakat untuk berani melapor, maka kegiatan sosialisasi bertajuk “Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat” dihelat Ombudsman di car free day di jalan Udayana, Kota Mataram, Minggu (12/11).

Kepala Perwakilan Ombudsman NTB, Adhar Hakim, mengatakan, jika merujuk trend, pelaporan yang diterima pihaknya tiap tahun selaku meningkat. Meski demikian, partisipasi masyarakat untuk melaporkan adanya pelanggaran pelayanan publik relatif kurang. Padahal, dalam ketentuan pasal 35 ayat 3 UU Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, ditegaskan jika partisipasi publik sangat vital dalam pengawasan pelayanan publik.

“Jadi, kami dorong partisipasi publik untuk bersama-sama mengawasi pelayanan publik. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi di kegiatan car free day kali ini,” ujar Adhar menjawab POS BALI melalui pesan tertulisnya, Minggu (12/11).

Menurutnya, pengawasan pelayanan publik sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan, dipastikan dapat dilakukan oleh pihak eksternal. Salah satunya masyarakat berupa laporan atau pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Adhar mengatakan, kendati keberanian masyarakat untuk melapor belum terlalu banyak, namun yang menggembirakan sebagian besar laporan/pengaduan yang diterima oleh pihaknya, justru didominasi masyarakat yang datang langsung apabila mengalami perbuatan Maladministrasi,

Ia menjelaskan, di tahun 2016, merujuk data yang telah teregistrasi, angkanya mencapai sebanyak 200 aduan. Dimana, 50 persen di antaranya dilaporkan masyarakat langsung, tanpa melalui pendampingan.

Sehingga, lanjut Adhar, pihaknya mendorong masyarakat untuk berani melapor, dan jika khawatir identitas Pelapor diketahui bahwa dalam keadaan tertentu, Ombudsman dapat merahasiakan nama dan identitas Pelapor sesuai ketentuan pasal 24 ayat (2) Undang-Undang No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia. “Sekali lagi, jangan takut untuk melapor, karena berani melapor itu baik,” tegasnya.

Sementara itu, kegiatan “Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat” kali ini, melibatkan sejumlah pihak yang menjadi jaringan Ombudsman melalui Sahabat Ombudsman. Diantaranya, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di NTB, LSM, komunitas warga, dan media baik cetak maupun elektronik.

Pantauan wartawan di lapangan menyebutkan, acara kali ini terbilang sukses, lantaran ratusan masyarakat terlihat datang ke stand yang disiapkan pihak Ombudsman. Apalagi, sejumlah musisi ternama, salah satunya Ary Juliyant & Folk dapat hadir langsung membawakan lagu-lagu bertema sosial tentang kondisi penyelenggaraan pelayanan publik yang masih belum memuaskan. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

NTB Helat Gerak Jalan Kebangsaan Sambut Maulanasyekh jadi Pahlawan

MATARAM, DS – Gerak jalan yang digelar untuk memperingati Hari Pahlawan di NTB pada tahun ini diikuti ribuan peserta, baik ASN, guru dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *