Rabu , 25 Juli 2018
Home / Pendidikan / Obor Asian Games 2018 Tiba di Lombok, Menko Maritim Pimpin Kirab 
Kadis Pora NTB Hj. Husnanidity Nurdin (kanan) didampingi Ceremony Departemen INASGOC, Intan Narulita dan Kabag Dalops Biro Operasi Polda NTB, AKBP Jolmadi SPd (kiri) saat memberikan keterangan pers

Obor Asian Games 2018 Tiba di Lombok, Menko Maritim Pimpin Kirab 

MATARAM, DS – Obor Asian Games 2018 direncanakan  tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) pada Rabu (24/7). Api abadi yang merupakan penyatuan dari api dari India dan api dari Mrapen itu, sebelum diterbangkan ke Lombok sempat dinapkan di Istana Tampaksiring di Desa Manukaya, Gianyar, Provinsi Bali itu pada Selasa (24/7) malam itu akan diterima langsung Menko Kemaritiman Luhut B.Panjaitan bersama Wakil Gubernur NTB H. Muhamad Amin di bandara setempat.

“Pak Wagub didampingi Menko Maritim akan menerima kedatangan api Asian Games di BIL pada sekitar pukul 07.20 WITA para Rabu besok. Sesuai skenario, api itu akan diterbangkan menggunakan pesawat khusus Hercules dari Bandara Ngurah Rai, Bali ke Lombok,” ujar kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB Hj. Husnanidity Nurdin menjawab wartawan, Selasa (24/7)

Ia mengatakan, obor Asian Games yang tiba di BIL akan dikawal oleh pasukan lengkap dari aparat gabungan Polda NTB sekitar 750 personil untuk diarak dari Bandara Internasional Lombok menuju ke Pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort.

Menurut Husnanidiaty, sepanjang perjalanan obor itu akan didampingi berbagai kesenian tradisional Pulau Lombok. Yakni, presean dan gendang beleq.”Dan, setelah sampai di Kuta, Bupati Lombok Tengah dan jajaran direksi PT. ITDC akan menerima api Asian Games itu,” kata dia.

Husnanidiaty mengatakan, setelah dari Pantai Kuta, api Asean Games akan melanjutkan perjalanan ke Pantai Ampenan di Kota Mataram. Direncanakan, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh berserta OPD lingkup Pemkot setempat akan melepas api Asian Games pada sekitar pukul 14.35 WITA.

Ia menjelaskan, dari total sebanyak 17 pelari yang akan membawa api Asean Games selama berada di Pulau Lombok,  ada sekitar sembilan orang merupakan atlet dari NTB. Sementara, enam orang merupakan utusan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) dan dua orang lainnya adalah utusan dari sponsor.

Husnanidiaty mengaku, para atlet asal NTB yang membawa api Asean Games itu dijaring melalui proses seleksi yang dilakukan pihaknya bersama KONI setempat beberapa waktu lalu.  Meski demikian, dari sembilan orang itu, dipastikan tidak ada nama Lalu Muhamad Zohri.

“Nanti, yang sembilan orang atlet itu adalah gabungan para atlet berprestasi dan veteran atlet yang pernah mengharumkan nama NTB di pentas internasional dan nasional selama ini,” tegasnya.

Terkait enam orang perwakilan INASGOC yang akan membawa obor Asian Games itu, pihaknya mengatakan, hingga kini tidak mengetahui siapa mereka. “Kalau perwakilan INASGOC sampai sekarang identitas mereka dirahasikan. Bisa jadi, mereka dari kalangan artis dan publik figur yang dikenal oleh masyarakat, seperti di daerah lainnya. Tapi, jujur saya tidak tahu siapa saja mereka,” ungkap Husnanidiaty.

Terpisah, Ceremony Departemen INASGOC, Intan Narulita mengaku,  sengaja membawa rombongan pelari VIP yakni Menko Kemaritiman Luhut B.Panjaitan sebagai pembawa obor Asean Games.

“Hanya saja, kami sengaja merahasikan dimana titik beliau (Menko Kemaritiman Luhut B.Panjaitan) membawa api Asian Games bersama enam rombongan INASGOC. Sekali lagi, ini demi keamanannya,” tegas Intan.

Husnanidiaty menambahkan, di semua titik yang dilalui dari Lombok Tengah ke Kota Mataram dan selesai di Kantor Gubernur NTB,  semua pelajar, atlet PPLP akan menyambut arak-arakannya. Tak hanya itu, para PNS di lingkup pemkab Loteng, Pemprov NTB dan pemkot Mataram akan berbaur bersama para pelajar akan berjejer disepanjang rute yang dilalui.

“Prinsipnya, kita ingin benar-benar serius menyambut api Asian Games 2018 sebagai tanda bahwa masyarakat NTB memang siao menyukseskan kegiatan multi event itu,” tandasnya seraya menambahkan, sebelum diterbangkan ke Papua, obor Asean Games akan disemayamkan di pendopo kantor Gubernur NTB.RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Sekda NTB Lepas Atlet SOIna NTB ke Riau

MATARAM,DS-Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Ir H Rosiady H Sayuti, melepas secara resmi keberangkatan atlet SOIna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *