Senin , 3 September 2018
Home / Pendidikan / NU Peduli Sasar Wilayah Terdampak Gempa Lombok
Koordinator NU Peduli Lombok, Baiq Mulyana didampingi jajaran pengurus NU NTB
Koordinator NU Peduli Lombok, Baiq Mulyana didampingi jajaran pengurus NU NTB

NU Peduli Sasar Wilayah Terdampak Gempa Lombok

MATARAM, DS – Sejumlah upaya dalam penanganan bencana di Lombok, NTB terus dilakukan berbagai pihak. Salah satunya, tim Nahdatul Ulama (NU) Peduli Lombok.

Koordinator NU Peduli Lombok, Baiq Mulyana, mengatakan, tim NU telah terjun ke lokasi sehari pascagempa pada Minggu (29/7) lalu, di sejumlah titik terparah yang ada di Kecamatan Sambelia dan Sembalun di Lombok Timur, serta Kecamatan Bayan di Lombok Utara.

Menurutnya, masifnya kerusakan dan kondisi gempa yang terus terjadi  membuat NU mendirikan posko NU Peduli Lombok atas arahan PBNU pada 10 Agustus 2018.

Mulyana mengakui Universitas NU NTB dipilih menjadi posko bagi tim NU Peduli Lombok dalam pengorganisasian logistik hingga perencanaan bantuan kepada korban gempa.

Baiq menyatakan, bantuan yang didistribusikan kepada korban terdampak gempa berasal dari donasi warga Nahdliyin di seluruh Indonesia dan juga cabang NU di luar negeri. Dia menyampaikan, donasi yang diterima tim NU Peduli Lombok bersifat uang, barang, hingga sumber daya manusia (SDM).

“Bantuan ada yang berbentuk uang, dan banyak juga yang barang, mungkin kalau ditetapkan sekitar Rp 3 miliar, dan masih akan terus bergerak,” ujarnya menjawab wartawan di Aula NU NTB, Senin (3/9).

Untuk penanganan korban gempa, tim NU Peduli Lombok membuat enam klaster, meliputi klaster pendidikan, kesehatan, logistik, litbang, pengungsian dan perlindungan, serta sarana dan prasarana.

Baiq merincikan, untuk klaster pengungsian dan perlindungan, NU Peduli telah mendistribusikan kebutuhan mendesak seperti terpal, selimut, hingga tikar yang sangat dibutuhkan pada masa tanggap darurat. Untuk klaster logistik, NU Peduli telah mendistribusikan berbagai sembako ke 150 titik di seluruh Pulau Lombok, dan juga Sumbawa Barat. Sedangkan untuk aspek kesehatan, NU Peduli telah melakukan pelayanan kesehatan kepada 2.800 korban gempa oleh 52 tim medis.

“Namun, antarklaster ini juga saling berkaitan, semisal klaster pendidikan juga berkaitan dengan klaster sarana dan prasarana seperti pada pembangunan sekolah darurat,” jelasnya.

Sejauh ini, NU Peduli telah membangun lebih dari 20 mushala darurat dan delapan sekolah darurat lengkap dengan tim untuk melalukan trauma healing. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

WAPRES JK JANJI BANGUN SEKOLAH dan RUMAH KORBAN GEMPA

LOBAR,DS-Wakil Presiden RI H. M. Jusuf Kalla didampingi Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *