Minggu , 11 Juni 2017
Home / Pendidikan / DAK 2017 Disdikbud Diprioritaskan Untuk Rehab dan Peningkatan Mutu
Kadis Dikbud Lotim, L. Suandi (tengah)

DAK 2017 Disdikbud Diprioritaskan Untuk Rehab dan Peningkatan Mutu

SELONG,DS-Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 yang diperuntukkan bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lombok Timur akan diprioritaskan pada program rehab fisik dan program peningkatan mutu siswa. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, L. Suandi di Selong, Senin (22/5).

Penerimaan dana DAK pada tahun ini bagi Disdikbud Kabupaten Lombok Timur yang bersumber dari anggaran pemerintah pusat sebesar 7,3 M untuk sekolah dasar (SD) dan sebanyak 9,5 M untuk sekolah jenjang SMP yang semua perolehan anggaran tersebut dikerjakan secara swakelola oleh masing-masing sekolah yang diperuntukkan bagi rehabilitasi sarana fisik dan peningkatan mutu belajar siswa.

Adapun DAK yang diperuntukkan bagi sekolah dasar (SD) yang sebesar 7,3 M itu, akan dialokasikan untuk rehabilitasi 90 ruang kelas yang harus dilakukan perbaikan secara total dengan sistem lokal sesuai dengan kebijakan Bupati Lombok Timur yang artinya, perbaikan dilakukan secara menyeluruh terhadap ruang-ruang kelas yang berada dalam 1 lokal atau dengan kata lain, jika dalam 1 lokal terdapat 3 ruangan, maka, perbaikan dilakukan secara menyeluruh untuk 3 ruangan tersebut yang bersifat perbaikan tuntas.

Sementara itu, DAK yang diterima untuk sekolah jenjang SMP tahun ini hanya diperuntukkan untuk perbaikan sarana fisik, berupa rehabilitasi ruang kelas sebanyak 6 unit. Pembangunan ruang kelas baru (RKB) sebanyak 10 ruang serta pembangunan 22 ruang laboratorium IPA.

Diprioritaskannya DAK SMP tahun ini untuk pembangunan laboratorium IPA didasarkan pada kenyataan di lapangan yang memperlihatkan masih minimnya sekolah yang memiliki ruang laboratorium IPA. Dari 215 SMP yang ada, sebagian kecil saja sekolah yang sudah memiliki ruangan laboratorium IPA.

Ditambahkan Suandi bahwa selain dana DAK yang diperioritaskan untuk pembangunan sarana fisik dan peningkatan mutu siswa tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur pada tahun ini juga mendapatkan bantuan untuk pembangunan unit sekolah baru (USB). Di mana, pembangunan sekolah baru itu akan ditempatkan di wilayah Kecamatan Pringgasela dengan pengalokasian anggaran secara bertahap. KRISMA AG

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Densus 88 Datang, Ust. Tafa’ul : Kami Bukan Penentang Pemerintah

SELONG,DS-Keberadaan Pondok Pesantren atau Pondok Islami Daarusy Syifa’ Dusun Tirpas Desa Tirtanadi Kecamatan Labuhan Haji …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *