Rabu , 26 September 2018
Home / Pendidikan / Bersihkan Puing Rumah Warga Terdampak Gempa Lombok Pangkogasgabpad Ajak Masyarakat Gotong Royong 
Mayjen TNI Madsuni

Bersihkan Puing Rumah Warga Terdampak Gempa Lombok Pangkogasgabpad Ajak Masyarakat Gotong Royong 

MATARAM, DS – Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Mayjen TNI Madsuni mengajak masyarakat terdampak gempa untuk bergotong royong bersama TNI dalam proses pembersihan puing rumah yang rusak akibat gempa. Ia meyakini keterlibatan masyarakat dalam setiap proses penanganan bencana akan memudahkan dan mempercepat pemulihan penanganan bencana.

“Mungkin karena keterbatasan, masyarakat saling mengandalkan, bahwa ini (pembersihan puing) sudah ada TNI dan Polri yang bertanggung jawab,” ujar Madsuni menjawab wartawan di posko utama Kogasgabpad di Bandara Selaparang, Kota Mataram, NTB, Minggu (23/9).

Hal tersebut merupakan satu contoh kasus. Di tempat lain, kata dia, ada juga masyarakat yang partisipatif bersama TNI dalam proses pembersihan puing. Dari kegiatan tersebut, masyarakat bisa memilah sisa bahan bangunan rumahnya yang masih bisa dimanfaatkan seperti kayu hingga seng dalam membangun hunian sementara (huntara).”Kita akan dorong ayo mari sama-sama bekerja sama sehingga proses rehabilitasi bisa dikerjakan dengan cepat,” kata dia.

Tim di lapangan, kata dia, memprioritaskan pembersihan puing rumah yang berada di jalan utama agar tidak mengganggu lalu lintas dalam distribusi bantuan dan proses penanganan bencana lainnya.

Madsuni mengakui ada juga warga masyarakat yang enggan rumahnya yang sudah rusak dirobohkan dengan menggunakan ekskavator karena hendak memanfaatkan sisa puing untuk mendirikan huntara.

Meski demikian, ia menyampaikan, kondisi di lokasi terdampak gempa mulai berangsur pulih, di mana banyak warga yang kembali ke rumah untuk mendirikan huntara.

“Ini inisatif masyarakat (huntara) karena kita lihat cuaca sebentar lagi musim hujan, bisa dibayanhkan kalau di tenda (pengungsian), nanti ada masalah baru, penyakit demam, DBD, malaria,” tandas Mayjen Madsuni. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Jadikan Semangat Olah Raga Untuk Kembali Bangkit

MATARAM,DS-Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin., S.H., M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Olahraga …

No comments

  1. Your comment is awaiting moderation.

    Glad to be one of the visitors on this amazing site :D. //revespain.com/icce/board/home.php?mod=space&uid=2345067&do=profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *