Rabu , 14 Juni 2017
Home / Pemerintah / WTP Lotim Sudah Diprediksi
Bupati Ali BD (paling kanan) menerima sertifikat WTP

WTP Lotim Sudah Diprediksi

SELONG,DS-Semua pemerintah Kabupaten dan Kota di NTB meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK terhadap laporan keuangan pemerintah Kabupaten/Kota tahun anggaran 2016. Khusus Lotim, Wabup H.Haerul Warisin sudah memprediksinya.

Anggota VI, BPK RI, Dr. H.Hary Azhar Azis pada acara penyerahan LHP BPK Perwakilan NTB kepada Pemerintah Kabupaten) Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Gedung BPK Perwakilan NTB, Rabu (31/52017), menyampaikan bahwa, predikat WTP yang diperoleh kabupaten/kota di NTB, merupakan hasil kerja keras dari semua unsur yang ada di daerah ini. Pemberian predikat WTP kepada 10 kabupaten kota tersebut, atas dasar penilaian terhadap sistem pengendalian internal dan laporan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap perundang-undangan.

“Kami sampaikan apresiasi atas upaya pemerintah kabupaten dan kota, yang telah menyusun dan menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan dan melakukan pengendalian internal yang memadai agar laporan keuangan bebas dari salah saji material, baik yang disebabkan oleh kecurangan, maupun kelalaian,” ujarnya.

NTB merupakan provinsi ketiga di Indonesia Timur sebagai wilayah kewenangan anggota BPK VI, memperoleh prestasi 100 persen WTP dari 11 entitas termasuk provinsi. pertama adalah Provinsi Gorontalo dan kedua Provinsi Kalimantan Selatan.

Pihaknya mengapresiasi indeks pembangunan manusia Provinsi NTB tahun 2016 sebesar 65,81 mengalami peningkatan meskipun masih di bawah IPM nasional sebesar 70,18.

Dia berharap kedepan, IPM NTB lebih baik dari rata-rata nasional karena pencapaian opini WTP tidak memiliki makna, jika kesejahteraan rakyat tidak terwujud, pungkasnya.

Sementara itu Wabup Lotim, H. Haerul Warisin sudah mempredikat WTP akan diraih Lotim menyusul pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit di Lotim dan tidak ditemukan kendala. “Ini buat kita tambah yakin kalau kita akan dapat tahun ini,” kata Warisin kepada wartawan.

Selama ini Lotim hanya memeroleh WDP sehingga predikat ini memecah kebuntuan yang selama ini mengganjal. Terkait sejumlah pemberitaan kasus dugaan korupsi pemberian predikat WTP oleh BPK, Haerul Warisin menegaskan jika Pemkab Lotim tidak pernah melakukan cara kotor dalam mendapatkan prestasi.hms

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Empat SKPD Pemprov Tak Patuh, Gubernur Warning PNS Main-main di Keuangan

MATARAM, DS – Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi menegaskan, tidak boleh para PNS di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *