Rabu , 31 Oktober 2018
Home / Pemerintah / Terkait Wacana Gubernur Bangun RS Provinsi NTB di Bima Rachmat : Kebijakan Gubernur Harus Dilaksanakan Sekda
H. Rachmat Hidayat saat bersama Gubernur Zulkieflimansyah disalah satu acara

Terkait Wacana Gubernur Bangun RS Provinsi NTB di Bima Rachmat : Kebijakan Gubernur Harus Dilaksanakan Sekda

MATARAM, DS – Anggota DPR RI dapil NTB H. Rachmat Hidayat, menyayangkan sikap Sekda Dr. H. Rosiady Sayuthi  yang melawan kebijakan Gubernur Dr. Zulkieflimansyah terkait wacana pembangunan rumah sakit provinsi NTB di wilayah Kota Bima.

Menurut Rachmat, gagasan gubernur yang mewacanakan pembangunan rumah sakit provinsi NTB di wilayah Bima  sangat tepat sehingga harus didukung oleh semua pihak.

“Seorang Sekda bukan penentu kebijakan, tapi harus melaksanakan dan tunduk pada perintah atasannya. The governor is the governor, regional secretary is not governor,” tegas Rachmat menjawab wartawan melalui telpon selulernya, Rabu (24/10).

Ia menjelaskan, Wilayah Bima merupakan kawasan segitiga emas pada gugusan kewilayahan provinsi sunda kecil yang mencakup tiga provinsi, yakni NTB, NTT dan Bali. “Dulu di Bima itu ada program nasional, yakni pembangunan kawasan pengembangan ekonomi terpadu (Kapet) Bima, sehingga maunya pak gubernur itu tidak lain menghidupkan kembali adanya program ini melalui pembangunan RSU provinsi NTB disana,” ujar Rachmat.

Ketua DPD PDIP NTB itu mengatakan sangat tidak elok manakala bawahan melawan kebijakan pimpinannya, apalagi wacana program yang dilakukan gubernur merupakan mimpi besarnya dalam meningkatkan tumbuh kembangnya pusat pertumbuhan ekonomi NTB baru diluar wilayah Pulau Lombok.

Oleh karena itu, ide dan gagasan yang dituangkan dalam pemikiran gubernur itu jangan dianggap sederhana. “Wacana pembangunan RS Provinsi yang dituangkan dalam program itu tentu telah difikirkannya dengan cermat, mengingat NTB butuh pusat pertumbuhan ekonomi baru agar pemerataan pembangunan bisa menyasar semua wilayah di NTB,” ungkap Rachmat.

Terkait alasan pembangunan RS Provinsi di Bima perlu ada kajian. Menurut dia, apanya lagi yang harus dilakukan pengkajian. Hal itu menyusul, pondasi awal dari ide dan gagasan gubernur itu telah tertuang pada program nasional sebelumnya, yakni Kapet Bima.

“Ingat Bima itu juga wilayah NTB, jadi nggak elok kita harus menyudutkan satu kewilahan di satu provinsi, apalagi di Sumbawa sudah ada RS Rujukan Provinsi NTB, sehingga bagi saya, ide gubernur mendirikan RS provinsi disana, sangat baik dan tepat. Bila perlu itu dilakukan sebagai perioritas dalam waktu dekat ini,” jelas Rachmat.

Sebagai orang yang mengenal lama sosok Zulkieflimansyah. Rachmat menilai, kemampuan lobi dan pelaksanaan program yang didukung adanya anggaran, sudah pasti sosok gubernur NTB saat ini sangat menguasainya.

Untuk itu, lanjut dia, dalih ada kajian-kajian tanpa ada realisasi sudah bukan zamannya lagi dilakukan pada pemerintahan pemprov NTB kali ini. “Sudah banyak kajian yang dilakukan pada era sebelumnya, dan itu dikomandai langsung oleh Sekda Rosiady tapi, banyak yang salah dan melawan aturan. Salah satunya, pada proses divestasi saham NNT dan merger PT BPR NTB,” kata Rachmat.

Ia memastikan, siap mendukung wacana gubernur Zulkieflimansyah dalam merealisasikan pembangunan rumah sakit provinsi NTB di Bima. Sebab, menurut Rachmat, penikmat layanan kesehatan itu kedepannya tidak saja berasal dari warga NTB, namun warga NTT lainnya akan bisa merasakan keberadaan dan kemanfaatannya.

“Saya yakin, RS Provinsi NTB di Bima akan berbeda dengan RS Rujukan Provinsi NTB di Sumbawa, karena lokasinya yang strategis akan bisa membuat warga provinsi terdekat. Diantaranya, Kabupaten Manggarai, Waingapu di NTT yang selama ini mengeluhkan jauhnya akses berobat ke Kupang, akan jelas bisa dilayani ke RS Provinsi NTB di Bima yang dekat lokasinya dari wilayah mereka,” tandas Rachmat Hidayat.  RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur Jamin Seleksi CPNS NTB Bersih

MATARAM, DS – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi NTB tahun ini dipastikan …

No comments

  1. Your comment is awaiting moderation.

    Hi to all, how is the whole thing, I think every one is getting
    more from this website, and your views are fastidious designed for new people. //918.network/casino-games/70-3win8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *