Selasa , 6 Maret 2018
Home / Pemerintah / PENGURANGAN KEMISKINAN JADI PRIORITAS PEMBANGUNAN NTB
Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi pada Pembukaan Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrenbang) Regional 2 Tahun 2018 di Mataram

PENGURANGAN KEMISKINAN JADI PRIORITAS PEMBANGUNAN NTB

MATARAM,DS-Ada beberapa hal yang menjadi prioritas pembangunan di daerah, antara lain pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan, peningkatan pelayanan dasar, pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman serta peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri, dan jasa produktif.

Pembangunan di NTB sudah memenuhi sebagian besar hal-hal tersebut. Pada tahun 2017, pertumbuhan ekonomi NTB non Tambang tumbuh 7,1 %, angka pengangguran menurut di angka 3,2 % dan menjadi salah satu provinsi yang progresif dalam penurunan angka kemiskinan.

“Pembangunan di NTB sudah memenuhi apa yang disebut dengan pembangunan inklusif. Ada pertumbuhan ekonomi, penurunan angka pengangguran, rasio gini dapat dikendalikan dan tingkat kemiskinan juga dapat diturunkan secara progresif,” jelas Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi pada Pembukaan Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrenbang) Regional 2 Tahun 2018 di Mataram, Selasa (6/3/2018).

Koordinasi teknis perencanaan pembangunan (Kortekrenbang) merupakan salah satu wadah bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk secara bersama-sama bersinergi melakukan sinkronisasi dan harmonisasi. Dengan tujuan mencapai target pembangunan nasional melalui penyelerasan program, kegiatan, proyek, target, lokasi, dan anggaran pembangunan nasional antara pemerintah pusat dan daerah. Acara diikuti oleh 34 kementerian/lembaga dan 17 provinsi lingkup Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Pada acara yang dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, gubernur yang akrab disapa TGB (Tuan Guru Bajang) itu juga menyampaikan beberapa rencana besar yang sedang dilaksanakan NTB. Rencannya itu adalah pembangunan tiga kawasan potensial yaitu KEK Mandalika, kawasan Samota dan Global Hub Bandar Kayangan.

“Ketiga kawasan ini tidak bisa kami selesaikan sendiri dan masih perlu koordinasi dan regulasi dari pemerintah pusat. Demikian juga supporting pendanaan dan segala yang diperlukan dalam pembangunan agar kawasan yang sangat potensial ini bisa berhasil di masa-masa yang akan datang,” harap TGB.
ian

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

INSPEKTORAT NTB RAIH KAPABILITAS APIP LEVEL 3

MATARAM,DS-Suatu perjuangan tidak akan pernah si-sia, terlebih jika didasari optimisme dan semangat pengabdian yang tinggi. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *