Kamis , 15 Juni 2017
Home / Pemerintah / Gubernur Kesal, Minta Pimpinan SKPD NTB Jangan Lelet
Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi MA

Gubernur Kesal, Minta Pimpinan SKPD NTB Jangan Lelet

MATARAM, DS – Tidak optimalnya pencapaian realisasi keuangan dan fisik di lingkup SKPD pemprov terus menjadi persoalan. Gubernur NTB, Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi, pun mengaku kesal atas pencapaian kinerja jajarannya selama ini.

Padahal, menurutnya, laju pembangunan di daerah akan bisa bergerak manakala ditopang pergerakan realisasi keuangan dan fisik oleh SKPD lingkup Pemprov NTB.

Untuk itu, orang nomor satu di NTB tersebut meminta para pimpinan SKPD agar mengatasi setiap kendala yang menghambat eksekusi anggaran. Diantaranya, keterlambatan proses lelang maupun kendala administrasi lainnya.

“Sehingga program-program yang telah disusun tidak perlu lagi menunggu perubahan, dapat direalisasaikan dengan lebih cepat,” tegas Gubernur menjawab wartawan, Rabu (14/6).

TGB mengakui telah menekankan hal itu ke semua pimpinan SKPD saat rapat evaluasi kinerja pembangunan pada Selasa (13/6). Menurutnya, langkah preventif dalam bekerja untuk mencegah terjadinya permasalahan hukum di kemudian hari harus pula dikedepankan.

Untuk itu, ketelitian dalam proses administrasi dan dokumen pembayaran harus benar-benar sesuai sasaran atau klear dan tidak memiliki resiko masalah hukum.

“Cobalah untuk mengukur atau melihat sisi kemungkinan apakah akan menjadi masalah di masa yang akan datang. Kalau ada yang dikhawatirkan dan diragukan dari sisi klear, kewenangan, proses dan sasaran, saya minta jangan direalisasi,” ujar Gubernur dalam imbauanya.

Sementara itu, saat rapim SKPD lalu, Sekda NTB, Dr. H. Rosiyadi Sayuti melaporkan progres serapan fisik APBD hingga 9 Juni 2017 baru mencapai 33,82%. Serapan tersebut masih dibawah angka pada tahun 2016 lalu pada tanggal yang sama 9 Juni 2016 mencapai 37,13%. Hal ini dikarenakan, 5 OPD baru masih dalam pengajuan revisi anggaran.

Meski demikian, Sekda optimis target serapan sebesar 49,89% keuangan dan 52,48 % fisik dapat terealisasi pada akhir Juni mendatang. “Meskipun berkas revisi hari ini masih dalam pengajuan di Gubernur, target serapan pada bulan Juni ini dapat terealisasi,” tandas Sekda Rosiady. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

SUMBAWA MAJU JIKA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT MAU KERJA KERAS

SUMBAWA,DS-Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat memiliki peluang yang sangat besar. Dengan potensi lahan pertanian yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *