Selasa , 25 Juli 2017
Home / Pariwisata / Pemerintah Telah Bebaskan 7,2 Ha untuk Taman Rekreasi Labuhan Haji
Hariyadi Djowayni

Pemerintah Telah Bebaskan 7,2 Ha untuk Taman Rekreasi Labuhan Haji

SELONG,DS-Pemkab Lombok Timur menunjukkan keseriusannya dalam membangun usaha pariwisata daerah. Tak tanggung-tanggung, sebuah tempat rekreasi bertaraf internasional akan segera dibangun di kawasan Pantai Labuhan Haji.

 

Taman rekreasi tersebut akan menjadi wahana berwisata yang termegah di Nusa Tenggara Barat dengan konsep wisata pantai yang modern dengan referensi dari Wahana Bahari Lamongan, Jawa Timur dan mengadopsi konsep Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

 

Untuk merealisasikan wahana bahari di kawasan Pantai Labuhan Haji tersebut, Pemkab telah membebaskan lahan seluas 7,2 hektar yang membentang di garis pantai kawasan wisata Pantai Labuhan Haji bagian selatan Pelabuhan Labuhan Haji. Untuk proses pembangunan tahap awal, Pemerintah Daerah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 9,5 miliar dari APBD setempat.

 

Tahapan pembangunan taman rekreasi tersebut kini pada fase perencanaan master plan yang sedang dikerjakan PT. Vertexindo Konsultan dengan lama kontrak 60 hari kalender atau 2 bulan yang dimulai 31 Mei hingga 29 Juli 2017.

 

Perwakilan dari PT. Vertexindo Konsultan, Mutawalli, yang tak lain adalah putra lokal Labuhan Haji yang berasal dari Desa Peneda Gandor mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mempercepat proses pembuatan master plan yang akan  diselesaikan dalam waktu satu setengah bulan.

 

Saat diadakan ekspose perencanaan master plan taman rekreasi Pantai Wisata Labuhan Haji di aula Kantor BAPPEDA Lombok Timur, Mutawalli mengatakan bahwa pihaknya telah membuat master plan awal dengan cakupan area yang lebih luas. Namun, karena proses pembebasan lahan di bagian selatan masih cukup alot. PT. Vertexindo Konsultan membuat master plan kedua dengan luas area 7,2 hektar sesuai dengan luas lahan yang sudah dibebaskan pemerintah.

 

Dengan mengadopsi Wahana Bahari Lamongan dan Taman Impian Jaya Ancol, taman rekreasi di kawasan Pantai Labuhan Haji bagian selatan tersebut nantinya akan dilengkapi dengan 44 bangunan yang ditambah 10 unit wahana wisata modern yang dapat dinikmati semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa.

 

Melihat dari master plan yang sudah dibuat pihak perusahaan konsultan, berbagai wahana wisata yang dibangun berupa crazy coaster berbagai jenis, kolam renang, water boom dan gazebo yang menjorok hingga ke laut. Dalam kawasan taman rekreasi ini juga dilengkapi panggung terbuka untuk perhelatan yang dilengkapi dengan tribun bagi penonton.

 

Bukan hanya itu, taman rekreasi yang akan menjadi kebanggaan warga Lombok Timur dan NTB ini akan dilengkapi dengan museum bahari dan juga area wisata dayung.

 

Pembangunan taman rekreasi yang dimaksudkan untuk mendongkrak pariwisata Lombok Timur ini tetap akan memperhatikan hak-hak umum masyarakat. Sehingga, pantai di sepanjang kawasan taman rekreasi ini tetap dapat dinikmati gratis masyarakat tanpa adanya privatisasi pantai.

 

Untuk kesuksesan program besar yang akan menggaungkan pariwisata Lombok Timur hingga kancah internasional ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, H. Haryadi Djoewayni, dalam kesempatan tersebut meminta dukungan sinergitas antar SKPD. Sehingga, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan taman rekreasi tersebut dapat terserap maksimal dalam pembangunan. Sedangkan, untuk infrastruktur penunjang lainnya seperti jalan dan talut, hendaknya mendapatkan atensi dari SKPD terkait.

 

Mengingat pembangunan taman rekreasi ini merupakan proyek besar, proses pembangunannya dilakukan secara bertahap dengan catatan agar pada pembangunan tahap pertama ini sudah dapat dibangun wahana yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Sehingga, pemerintah langsung menerima pendapatan. KRISMA AG

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Libur PNS Selesai Wisatawan Masih Padati Wisata Pantai Sire

KLU, DS– Kendati libur Lebaran Idul Fitri bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *