Minggu , 9 September 2018
Home / Pariwisata / Menhan Anugrahi TGB Dharma Pertahanan di Sail Samota 2018
Wagub H. Muhamad Amin didampingi Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemenhan RI, Mayjen TNI Bambang Hartawan, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menhan Anugrahi TGB Dharma Pertahanan di Sail Samota 2018

MATARAM, DS – Pelaksanaan Sail Moyo Tambora (Samota) 2018 dirasa spesial tahun ini. Pasalnya, Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) memperoleh penghargaan tanda penghargaan ‘Dharma Pertahanan’ dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemenhan RI, Mayjen TNI Bambang Hartawan, MSi mewakili Menteri pertahanan pada Wakil Gubernur H. Muhamad Amin, MSi saaat Welcome Dinner peserta Sail Moyo Tambora  tahun 2018 di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa,  Sabtu (8/9).

Mayjen Bambang mengatakan, pemberian penghargaan itu dilakukan sebagai  wujud apresiasi negara kepada WNI. Khususnya, WNI yang berjasa dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia melalui bidang pertahanan.

Menurut dia, tahun ini tanda penghargaan itu diberikan pada  15 orang warga NTB. Mereka berasal dari unsur Pemerintah Daerah, TNI AU, TNI AL, TNI AD dan Polri.  Karena itu, Menhan mengucapkan selamat kepada para peraih tanda penghargaan itu.

“Termasuk pak Gubernur dan belasan tokoh lainnya, kita berharap penghargaan ini dapat dijadikan momentum untuk memperkuat kecintaan kepada NKRI,” ujar Mayjen Bambang saat menyampaikan sambutan Menhan itu.

          Ia menjelaskan, pertahanan negara saat ini dilakukan melalui membangun segenap sumberdaya dan sarana prasarana nasional di semua wilayah NKRI sebagai suatu pertahanan dalam menanggulangi acaman.

Kata Mayjen Bambang, pertahanan negara bukan hanya tanggung jawap pimpinan saja. Namun tanggungjawap seluruh komponen bangsa sesuai peran dan profesi masing-masing dalam hal penyelenggaraan pertahanan negara.

          “Untuk itu, sangat penting untuk menjalin sinergitas antar seluruh komponen bangsa. Melalui itu, maka bangsa akan semakin kuat dan akan berdampak pada kokohnya pertahanan negara,” ungkapnya.

          Mayjen Bambang menambahkan, peran pemda dan seluruh elemen yang ada di NTB dalam membantu kelancaran tugas-tugas negara untuk kedaulatan NKRI sangat penting dan strategis. “Jadi, itulah salah satu dasar penting Kemenhan memberikan penghargaan tersebut kepada yang berjasa dan berkontribusi dalam membantu kelancaran dibidang pertahanan, terutama di wilayah NTB,” tandasnya.

          Sementara itu, Wakil Gubernur H. Muhamad Amin dalam sambutannya, mengatakan jika sebuah kebanggaan bagi NTB khususnya, Pulau Sumbawa yang dijadikan lokasi puncak pelaksanaan Sail Moyo Tambora 2018.

          Untuk itu, Wagub berharap momentum Sail Samota dapat dijadikan motivasi dan dorongan untuk membangkitkan gairah pariwisata dan rekonstruksi infrastriktur pariwisata yang rusak parah akibat diterjang gempa bumi beberapa waktu lalu itu.

          “Terimakasih kepada Menteri Pariwisata dan Menteri Perhubungan yang telah memberikan perhatian kepada NTB. Semoga kegiatan berjalan dengan baik dan sukses sehingga dunia pariwisata NTB normal kembali agar pertumbuhan ekonomi NTB kembali normal seperti sedia kala,” ungkap Wagub Amin.

          Turut Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Kekuatan Pertahanan mewakili Menteri pertahanan RI, Sekretaris Kemenko Maritim RI, Bupati Sumbawa dan para delegasi dari berbagai negara pwserta Sail Moyo Tambora (Samota) 2018. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Sebanyak  1.226 Pendaki Berhasil Dievakuasi Direktur KSDE-LHK Salut Kinerja Evakuasi Tim Gabungan 

  LOTIM, DS – Direktur Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *