Jumat , 31 Agustus 2018
Home / Pariwisata / Gempa Bumi Bisa jadi Obyek Wisata NTB
TGH Hazmi Hamzar

Gempa Bumi Bisa jadi Obyek Wisata NTB

MATARAM, DS –Anggota Komisi II DPRD NTB bidang Pertanian dan Pariwisata, Dr. TGH. Hazmi Hamzar, meminta proses rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap bangunan rumah dan fasilitas umum yang rusak yang kini digalakkan di sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di wilayah Pulau Lombok, perlu dilakukan pemilahan.

Menurutnya, tidak semua bangunan itu harus dibersihkan seluruhnya. Sebab, diperlukan sebuah bangunan monumental guna mengingatkan pada siapapun orang yang datang ke NTB terkait musibah gempa bumi yang telah menerjang Pulau Lombok itu.

“Jika ada bangunan yang bisa disisakan maka itu akan bisa menjadi daya tarik wisatawan,” ujar Hazmi menjawab wartawan, Kamis (30/8).

Politisi PPP itu mencontohkan langkah Pemprov Nangroe Aceh Darussalam (NAD) yang membiarkan adanya sejumlah peninggalan pasca tsunami yang menerjang wilayah mereka beberapa waktu lalu. Salah satunya, yakni kapal pembangkit yang masuk ke pemukiman warga telah mampu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke wilayah setempat.

Oleh karena itu, kata Hazmi, khusus di NTB perlu mencontoh langkah yang dilakukan Pemprov NAD itu. Harapannya, musibah gempa bumi juga tidak saja menyisakan penderitaan, namun bisa juga menjadi daya tarik wisatawan.

“Kan nanti, warga di sekitar bisa kita berdayakan menjadi pemandu wisata (guide). Biasanya, wisatawan akan penasaran manakala ada saksi mata yang menceritakan langsung kejadiannya,” kata Hazmi.

“Saya pikir, destinasi gempa bumi ini akan bisa menjadi ikon baru bagi NTB. Ini jelas tidak ada di wilayah lainnya di dunia sehingga akan bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat,” tambahnya. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Buka Sosialisasi Permendagri, Sekda Promosikan Potensi NTB

MATARAM,DS-Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. Rosyadi H. Sayuti, M. Sc, Ph. D membuka kegiatan Sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *