Jumat , 16 November 2018
Home / Pariwisata / Dewan Dukung Pembangunan Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika
Drs. H.Ruslan Turmudzi

Dewan Dukung Pembangunan Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika

MATARAM, DS – Rencana pembangunan sirkuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) yang bakal menghelat pelaksanaan event akbar dunia bertajuk MotoGP pada tahun 2021, harus didukung semua pihak.

Ketua Fraksi PDIP DPRD NTB H. Ruslan Turmudzi, menilai, langkah ITDC selaku pihak pengelola kawasan Mandalika untuk membangun sirkuit bertaraf internasional di wilayah Loteng layak diatensi.

Menurutnya, keberadaan sirkuit bertaraf internasional di NTB akan jelas mendongkrak sektor pariwisata NTB. “Sehingga, rencana ITDC itu wajib didukung oleh pemprov, serta pemkab Loteng terkait bagaimana penyiapan dan apa yang dibutukan untuk dapat menyukseskan gawe internasional itu,” ujar Ruslan menjawab wartawan, Kamis (15/11).

Anggota Komisi III DPRD NTB bidang fisik dan pembangunan asal Loteng itu menyatakan, perlu ada sinergisitas antara Pemprov NTB dan Pemkab Loteng guna bersatu padu serta bahu membahu membagi perannya guna merealisasikan terwujudnya pembangunan sirkuit balap dunia itu.

Apalagi, kata Ruslan, jika merujuk tiga point utama  pada RPJMD 2018-2023 yang diajukan Gubernur NTB pada lembaga DPRD NTB maka ada dua hal yang selaras pada visi NTB Gemilang. Yakni, menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi investasi, khususnya untuk industri pengolahan dan penciptaan lapangan kerja.

Serta, bagaimana wisatawan yang datang ke NTB bisa aman dan nyaman. “Dalam kerangka perwujudan Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP, maka dua point ini harus bisa diaplikasikan dengan menyakinkan pemerintah pusat agar pula mendukung langkah ITDC yang akan fokus merealisasikan perhelatan MotoGP pada tahun 2021 itu,” jelas Ruslan.

Indonesia Tuan Rumah

Indonesia sendiri disebut bakal masuk jadwal balap MotoGP pada 2021 di sirkuit yang rencananya dibangun di Pantau Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Dikutip dari motorsport.com, sirkuit MotoGP Indonesia dipastikan akan dibangun setelah bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengunjungi Lombok, beberapa waktu lalu.

Sirkuit Lombok MotoGP Indonesia ini nantinya akan mengadopsi jenis sirkuit jalan raya, seperti sirkuit Marina Bay di Singapura, atau Circuit de Monaco di Monako.

Kontraktor pembangunan untuk tempat balapan di MotoGP Indonesia Sirkuit Lombok diserahkan kepada Vinci Construction.

Dilaporkan pula oleh MotoSport, sudah dialokasikan tanah seluas 131 hektar di sekitar Mandalika, sebuah kawasan bisnis yang terletak di bagian selatan pulau Lombok.

Vinci Construction juga akan bertindak sebagai investor utama perlombaan dengan kontribusi dari sebuah perusahaan asal Perancis dengan total nilai 900 juta euro.

Jika pembangunan trek sirkuit Lombok untuk MotoGP Indonesia, artinya MotoGP sekaligus mendapatkan tempat di salah satu pasar roda dua terbesar di dunia.

Wacana itu sekaligus menegaskan pernyataan Ezpeleta sebelumnya tentang penyelenggaraan balapan bertipe jalanan di Lombok beberapa tahun lalu.

“Ada kemungkinan bahwa ada sirkuit perkotaan di MotoGP,” katanya.

“Ada proyek yang solid di kota yang hangat. Secara teori, trek lurus perkotaan dengan Paddock tertutup yang terintegrasi,”ungkapnya.

“Jadi, selama grand prix itu akan digunakan untuk balapan dan sisanya bisa digunakan untuk kegiatan lain,”katanya.

Untuk diketahui, Finlandia dan Meksiko juga memperebutkan tempat di jadwal MotoGP tetapi tidak belum masuk di jadwal MotoGP 2019. “Kami memiliki banyak permintaan untuk sirkuit yang ingin ikut perlombaan, kami menghormati yang memiliki kontrak, meski mereka harus bernegosiasi.” terang Carmelo Ezpeleta. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur Ajak Para Dubes Investasi di NTB

MATARAM,DS-Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M.Sc. menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *