Sabtu , 17 Juni 2017
Home / Kesehatan / NTB Aman Peredaran Daging Celeng
Hj. Putu Selly Andayani

NTB Aman Peredaran Daging Celeng

MATARAM, DS – Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani memastikan, di sejumlah pasar-pasar tradisional di wilayahnya tak ada satupun pedagang daging babi hutan alias celeng yang beredar. Selly meminta masyarakat tidak perlu kuatir membeli daging di pasaran saat ini.

“Hampir setiap hari turun ke pasar, saya pastikan tidak ada daging celeng babi di pasar-pasar di Kota Mataram,” tegasnya menjawab wartawan, Jumat (16/6).

Menurutnya, dari puluhan pasar-pasar tradisional di NTB, hanya ada satu pasar yang diperkenankan menjual daging celeng. Yakni, di Pasar Karang Jasi, Kota Mataram. Hal itu guna memenuhi kebutuhan masyarakatnya yang mayoritas beragama non islam.

“Tapi, kalau di pasar-pasar lain, tidak kita perbolehkan menjualnya. Khusus, pasar Karang Jasi, ada pengecualiannya, karena melayani masyarakat non muslim,” ujar Selly.

Digerebeknya pembuat bakso cilok berbahan daging babi hutan (celeng) oleh Kepolisian Resor Bogor pada Minggu (28/5) lalu. Menurut Selly sempat memberikan dampak was-was oleh masyarakat untuk mengkonsumsi daging pada saat Ramadhan kali ini. Sebab, bagi masyarakat awam, sangat sulit membedakan daging yang haram bagi umat muslim ini dengan daging sapi.

Namun, dengan adanya tim yang dibentuknya pihaknya yang tiap hari berada di pasar-pasar yang ada di Kota Mataram, keresehan masyarakat mulai berkurang. “Minggu kemarin hingga tadi, harga daging sapi masih normal di kisaran Rp 120 perkilogramnya. Saya lihat, masyarakat banyak yang memborong daging dalam jumlah besar kok,” tandas Selly.

Ia menambahkan, setiap harinya pihaknya dan SKPD terkait diantaranya Dinas Peternakan Kesehatan Hewan terus memantau secara bersama-sama kondisi stok kebutuhan daging maupun harganya. “Ini kita hajatkan, agar masyarakat dapat nyaman beribadah selama Ramadhan hingga lebaran tanpa terganggu akan pikiran harga kebutuhan pokok itu,” kata Selly. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Lotim Segera Punya RSI

SELONG,DS-Pembangunan Rumah Sakit Islam (RSI) KITA yang telah lama direncanakan Bupati Lombok Timur, yakni sejak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *