Selasa , 13 Juni 2017
Home / Kesehatan / Lotim Segera Punya RSI
Sesign gambar RSI KITA

Lotim Segera Punya RSI

SELONG,DS-Pembangunan Rumah Sakit Islam (RSI) KITA yang telah lama direncanakan Bupati Lombok Timur, yakni sejak 2014 lalu, akhirnya terlaksana sudah. Pada Sabtu (27/5) bertepatan dengan awal Ramadhan 1438 H, prosesi peletakan batu pertama telah dilakukan sang inisiatornya, HM. Ali Bin Dachlan. RSI KITA akan dibangun di atas lahan seluas 90 Are yang berada di Labuhan Haji. Rumah sakit yang dibangun dengan dana yang dikumpulkan Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Lombok Timur ini akan diprioritaskan bagi kaum dhuafa’.

BAZDA Lombok Timur bersama Yayasan KITA yang menjadi tempat bernaungnya RSI ini telah menyiapkan dana sebesar 15 milyar untuk pembangunan tahap awal. Demikian disampaikan Ketua Yayasan KITA yang juga merupakan Ketua BAZDA Lombok Timur, H. Rawitah Asy’ari pada saat pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan RSI KITA di Labuhan Haji.

Menurutnya, total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan RSI KITA sesuai perencanaan berkisar pada angka 30 Milyar. Dengan demikian, Yayasan KITA masih memerlukan tambahan anggaran yang cukup besar. Namun, hal itu tak menjadi halangan untuk menuntaskan pembangunan RSI KITA yang direncanakan bisa rampung dalam waktu 6 bulan.

Bupati Lombok Timur dalam sambutannya menyebutkan bahwa pembangunan RSI KITA ini merupakan penjabaran dari perintah Allah yang menyeru untuk membantu orang-orang yang lemah. Di mana, kata-kata shodaqah tidak harus dimaknakan dengan memberikan santunan bagi kaum dhuafa’ saja. Namun, harus dijabarkan dengan pemahaman yang luas, seperti dengan memberikan bantuan pelayanan kesehatan.

Ke depan, ungkap Bupati, jika pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah di Lombok Timur semakin berkembang dengan baik, dengan perolehan pengumpulan dana zakat, infak dan shadaqah yang terus bertambah. Maka tidak menutup kemungkinan, program-program penyalurannya bisa juga dikembangkan dengan memberikan bantuan beasiswa bagi anak-anak yang kurang mampu.

Dengan terbangunnya RSI KITA, dapat dijadikan masyarakat sebagai wujud amal jariyah yang telah diberikan melalui BAZDA dan hendaknya mampu menggugah masyarakat untuk semakin meningkatkan jumlah shadaqah dan infaqnya.

“Para pezakat, pemberi shadaqah melalui BAZDA Lombok Timur, dapat menatap rumah sakit ini sebagai wujud amal jariyahnya yang telah dikumpulkan. Perlu diingat, memberikan shadaqah itu, tidak semata-mata dengan menyuapi kaum dhuafa’. Namun, dengan membantu pengobatannya, itu juga bagian dari penggunaan dana zakat, infaq dan shadaqah yang sudah sesuai dengan diperintahkan Allah SWT,” ungkap Bupati.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati menjelaskan alasan pemilihan Labuhan Haji sebagai lokasi pembangunan Rumah Sakit Islam (RSI) KITA. Menurutnya, pembangunan RSI KITA di Labuhan Haji sebagai langkah antisipasi kemajuan Labuhan Haji di masa mendatang. Terlebih, jika pembangunan pelabuhan Labuhan Haji segera dirampungkan. Hal itu akan mampu menumbuh kembangkan aktifitas perekonomian masyarakat di wilayah Labuhan Haji. krisma ag

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

POR PERPAMSI, AJANG SILATURRAHIM dan BEST PRACTICE

MATARAM,DS-Pekan Olahraga Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (POR PERPAMSI) V yang memperebutkan piala Bergilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *