Selasa , 13 Juni 2017
Home / Kesehatan / LOTIM PERBANYAK BANK SAMPAH
Ali BD

LOTIM PERBANYAK BANK SAMPAH

SELONG,DS-Program penanganan sampah di wilayah Lombok Timur, khususnya di wilayah perkotaan terus ditingkatkan. Selain Kantor Kebersihan dan Tata Kota (KKTK), penanganan sampah juga turut dilakukan secara bersinergi oleh instansi lainnya. Karena sejatinya, penanganan sampah tidak akan berhasil maksimal tanpa keterlibatan banyak pihak. Salah satunya, Badan Lingkungan Hidup dan Penanaman Modal (BLHPM).

Menurut Kepala Bidang PDKL pada BLHPM Kabupaten Lombok Timur, Mariani, untuk mengatasi permasalahan sampah yang memerlukan perhatian serius, Pemerintah Daerah telah membuat program pembuatan banyak bank sampah sebagai lokasi penimbunan dan pemanfaatan sampah. Pada tahun 2015, pemerintah telah membuat bank sampah di Selong, Sandubaya, Perumahan Gelang. Dan baru-baru ini juga telah diresmikan bank sampah di Desa Lendang Nangka.

“Pemerintah Daerah Lombok Timur menunjukkan komitmen kuatnya dalam menangani permasalahan sampah demi terwujudnya Lombok Timur yang bersih dengan membuat sejumlah bank sampah di beberapa tempat, khususnya di wilayah perkotaan. Tahun lalu, ada banyak bank sampah yang sudah dibangun. Untuk tahun ini, bank sampah akan dibangun di Sembalun”, terangnya di Pendopo Bupati.

Pembangunan sejumlah bank sampah dimaksudkan untuk mencegah penumpukan yang besar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang dimiliki Lombok Timur. Sebab, TPA yang dimiliki hanya pada satu lokasi. Selain itu, dengan adanya bank sampah di beberapa tempat akan lebih memudahkan pemindahan sampah, karena tidak memerlukan waktu yang lama menuju satu-satunya TPA yang berada di Kelurahan Ijo Balit Kecamatan Labuhan Haji.

Selain membuat banyak bank sampah, Pemerintah Daerah Lombok Timur juga telah membuat program gerakan peduli sampah dengan memungut sampah di kantor-kantor milik pemerintah dengan harapan agar budaya hidup bersih dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat dan memungut sampah jika menemukan sampah di halaman yang dijalankan para pegawai di kantor milik pemerintah dapat ditiru oleh masyarakat secara meluas.

Di sekolah-sekolah juga turut dikembangkan program pengolahan sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Seperti membuat kompos.

Sehari sebelumnya, Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan menegaskan bahwa sampah bisa menjadi malapetaka jika tidak tertangani dengan baik. Namun, dapat memberi manfaat yang besar bagi kemakmuran masyarakat jika sampah yang ada dikelola dengan baik. KRISMA AG

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

POR PERPAMSI, AJANG SILATURRAHIM dan BEST PRACTICE

MATARAM,DS-Pekan Olahraga Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (POR PERPAMSI) V yang memperebutkan piala Bergilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *