Senin , 19 Juni 2017
Home / Kesehatan / Dukung Progran Dikes, Pol PP Tertibkan Penyandang Gangguan Kejiwaan di Jalanan
Operasi penertiban penyandang gangguan kejiwaan

Dukung Progran Dikes, Pol PP Tertibkan Penyandang Gangguan Kejiwaan di Jalanan

SELONG,DS-Dalam rangka mendukung Program Jiwa yang dijalankan Dinas Kesehatan, terkait penanganan masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan yang masih berkeliaran di jalanan. Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Lombok Timur menggelar kegiatan penertiban dengan menyisir sejumlah kawasan di Lombok Timur.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Timur melalui Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian (opdal), L. Purwadi, mengemukakan, selaku petugas pencipta ketentraman dan ketertiban umum juga turut berperan terhadap masalah kejiwaan masyarakat. Khususnya, dalam penertibannya untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan terhadap para penyandang gangguan kejiwaan.

Menurut Purwadi, peran Sat Pol PP hanya dalam hal penertiban yang proses selanjutnya akan diserahkan penanganannya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur yang akan menindaklanjuti dengan pengurusan administrasi kelengkapan kesehatan, seperti kepesertaan BPJS, surat keterangan tidak mampu dan lain sebagainya sebagai persyaratan untuk mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Jiwa.

Ditertibkannya para penyandang gangguan kejiwaan yang masih berkeliaran di sejumlah kawasan didasarkan pada adanya sebagian masyarakat yang masih memiliki phobia terhadap orang dengan gangguan kejiwaan ini. Di mana, masih banyak masyarakat yang merasa takut, jika melihat ada orang gila di jalanan. Meskipun sebenarnya orang yang bersangkutan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu orang lain.

Dalam proses penertiban, petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja tetap memperlakukan para penyandang gangguan kejiwaan ini dengan cara-cara yang baik sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan yang kemudian dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan lanjutan dari Dinas Kesehatan. Adapun, bagi penyandang gangguan kejiwaan yang diketahui identitasnya akan langsung diserahkan ke sanak familinya yang nantinya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam pemberian tindakan medis selanjutnya.

Dari hasil operasi penertiban terhadap penyandang gangguan kejiwaan yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja kemarin, terjaring beberapa orang dengan gangguan kejiwaan yang kemudian diserahkan penanganannya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur. KRISMA AG

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Magang Kesehatan Dikes Lotim Disambut Antusias

SELONG,DS-Para alumni Perguruan Tinggi bidang Kesehatan bagi yang berdomisili di Lombok Timur (Lotim) berkesempatan untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *