Kamis , 9 Agustus 2018
Home / Hukum / Kapolda NTB : Kedukaan di Lombok Jangan Ditumpangi Isu Penjarahan 
Ahmad Juri

Kapolda NTB : Kedukaan di Lombok Jangan Ditumpangi Isu Penjarahan 

MATARAM,  DS – Kapolda NTB Irjen Pol. Achmat Juri menegaskan, musibah duka mendalam akibat gempa yang terjadi di wilayah Pulau Lombok tidak ditambah lagi, lantaran hanya karena isu-isu penjarahan yang belum tentu kebenarannya.

“Pokoknya, kedukaan di wilayah Lombok cukup terjadi karena musibah gempa, jangan ditambah lagi dengan isu-isu SARA lainnya,” tegas Kapolda menjawab wartawan, Rabu (8/8).

Kapolda mengakui beredarnya informasi melalui pesan whatsapp atau media sosial bahwa ada aksi penjarahan disebabkan sekelompok orang yang memanfaatkan situasi musibah gempa adalah hoaks.

“Saya yakinkan itu adalah hoax. Warga jangan cepat terpancing isu yang belum tahu kebenarannya,” ujar Ahmad Juri.

Oleh karena itu. Kapolda mengimbau apabila ada hal mencurigakan yang ditemukan warga, bisa langsung menghubungi kantor Kepolisian terdekat.

“Kami sudah melakukan patroli untuk ciptakan situasi agar di NTB tetap kondusif, baik skala besar maupun kecil. Kami imbau jangan ada yang main hakim sendiri. Percayakan penanganan hukum pada kami,” tandas Kapolda.

Diketahui, gempa berkekuatan 7 skala Richter terjadi pada Minggu (5/8) sore pukul 18.46 WIB di darat, 18 kilometer barat laut Lombok Timur berkedalaman 15 kilometer dengan koordinat 8,37 Lintang Selatan dan 116,48 Bujur Timur.

Tercatat, sejak Senin hingga Rabu pagi ini, sedikitnya telah terjadi sembilan gempa susulan setelah gempa tersebut. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban tewas telah mencapai 91 orang.

Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi mengimbau agar seluruh warga di wilayah terdampak gempa yang terjadi pada Minggu (5/8) tidak panik. Ia juga meminta semua masjid di Lombok Utara dan sekitarnya menyerukan untuk menenangkan masyarakat agar tidak panik. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Perkokoh Sinergitas untuk Tangkal Radikalisme 

MATARAM,DS-Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi didampingi Wakil Gubernur, H. Muh. Amin, SH., M.Si …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *