Rabu , 28 November 2018
Home / Hukum / Dukcapil Sosialisasikan Kebijakan Adminduk Kepada Seluruh Kades dan Camat
Sekda Lotim Rohman Farly

Dukcapil Sosialisasikan Kebijakan Adminduk Kepada Seluruh Kades dan Camat

SELONG,DS-Guna meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukann (adminduk) menuju masyarat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien, dan negara yang memiliki daya saing, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Timur  mengadakan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan kepada seluruh camat dan kepala desa/lurah se-Kabupaten Lombok Timur.

Langkah ini juga sebagai upaya menyamakan pemahaman dengan aparatur terkait yang membantu pelaksanaan pelayanan dokumen administrasi kependudukan tentang kebijakan penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini diadakan pada Senin (26/11), bertempat di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur.

Bupati Lombok Timur dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok mur, H. Rohman Farly, mengatakan bahwa adminduk di masa lalu tidaklah begitu bermakna,  tetapi di masa sekarang  sangat berharga, karena terkait dengan berbagai keperluan. Karena itu, dokumen kependudukan yang merupakan hak bagi seluruh masyarakat,  pemberian atau pelayanannya merupakan kewajiban pemerintah.

Rohman menyebutkan salah satu ciri keberhasilan negara melayani hak masyarakat adalah dengan mempermudah masyarakat mendapatkan haknya, bukan justru mempersulit. Mendekatkan pelayanan adalah salah satu upaya yang dilakukan.

“Kita harus bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sedekat-dekatnya dan semudah-mudahnya dan mari kita membenahi diri dengan baik,  berikan kesan yg baik di tengah-tengah masyarakat,” imbau Sekda.

Langkah Pemerintah Daerah Lombok Timur memberikan pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan masyarakat.

Meskipun pelayanan diberikan di kecamatan, Sekda menugaskan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  tetap melakukan kontrol untuk memastikan pelayanan prima,  pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Lombok Timur.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok  Timur, Sateradi, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini didasari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Adminstrasi Kependudukan.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta menunjang kelancaran pelaksanaan pelayanan dokumen administrasi kependudukan yang sedekat-dekatnya dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh warga masyarakat di Kabupaten Lombok Timur ini, diikuti camat dan kepala desa/lurah se-Kabupaten Lombok Timur. (kis)

 

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Hotman Paris : Jokowi Harus Selamatkan Baiq Nuril dari Penjara Pemuda NW Minta Ahyar Sanksi Muslim

MATARAM, DS – Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea meminta Presiden Joko Widodo,  turun tangan menyelamatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *