Senin , 20 November 2017
Home / Hukum / Disorot, Anggaran Siluman Rp 10 Miliar ke KONI NTB 
Drs. Ruslan Turmudzi

Disorot, Anggaran Siluman Rp 10 Miliar ke KONI NTB 

MATARAM, DS – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD NTB, Drs. Ruslan Turmudzi menyoroti penambahan anggaran hibah bagi KONI NTB mencapai Rp 10 miliar pada APBD NTB 2018. Penambahan anggaran belanja hibah  itu muncul secara tiba-tiba tanpa adanya pembahasan apapun yang dilakukan oleh banggar.

“Ini aneh, anggaran tidak pernah kita sepakati, tapi kok tiba-tiba muncul penambahan anggaran siluman Rp 10 miliar bagi KONI. Katanya, dari kesepakatan Banggar. Apa ada rapat banggar lagi diluar jadwal yang telah disepakati,” tegas Ruslan menjawab wartawan,  Senin (20/11).

Ketua Fraksi PDIP DPRD itu mengakui kesepakatan yang ada di internal Banggar tidak lain akan adanya langkah rasionalisasi terhadap sejumlah mata anggaran. Diantaranya, dana penyertaan modal pada PT Bank NTB sebesar Rp 10 miliar, Rp 20 miliar di SKPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan belanja hibah untuk KONI mencapai kisaran Rp 10 miliar.

Menurut Ruslan, rasionalisasi anggaran dilakukan, lantaran ada penerimaan pendapatan di APBD NTB yang akan berkurang mencapai Rp 118 miliar akibat berkuranganya alokasi NTB dari pemerintah pusat. Yakni, DAU, DID dan DAK.

“Wajarlah kita kejar, siapa oknum pemain yang berani menambah dana Rp 10 miliar bagi KONI, sehingga anggarannya meningkat Rp 20 miliar dari rencana kita pangkas Rp 10 miliar,” ujarnya.

Ruslan menegaskan, penambahan anggaran diluar kesepakatan Banggar jelas masuk katagori pelanggaran. Oleh karenanya, pihaknya berencana akan melakukan upaya pemangkasan anggaran percepatan jalan tahun jamak yang dilakukan oleh TAPD pemprov NTB dari Rp 100 miliar akan ditambah lagi sebesar Rp 25 miliar.

“Pemangkasan anggaran kita lakukan di komisi terkait. Ini bagian kekecewaan kami pada oknhm pimpinan dewan yang berani bermain diluar kesepakatan yang sama sekali tidak diketahui oleh anggota Banggar,” tandasnya.fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

 7 CTKW Ilegal Ditangkap di BIL

MATARAM, DS  – Sebanyak tujuh calon tenaga kerja wanita (CTKW) ilegal bermodus dikirim melalui Jakarta untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *