Senin , 2 Oktober 2017
Home / Hukum /  7 CTKW Ilegal Ditangkap di BIL
Inilah tujuh orang CTKW Ilegal dari berbagai daerah di Pulau Lombok yang diamankan aparat BP3TKI Mataram bersama tim gabungan di BIL

 7 CTKW Ilegal Ditangkap di BIL

MATARAM, DS  – Sebanyak tujuh calon tenaga kerja wanita (CTKW) ilegal bermodus dikirim melalui Jakarta untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Abu Dhabi Uni Emirat Arab,  digagalkan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) bersama tim gabungan di Bandara Internasional Lombok (BIL) pada Senin (25/9) malam.

Tujuh CTKW itu berasal empat daerah di NTB yakni, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Timur KLU dan Lombok Barat.

Kepala BP3TKI Mataram, Mucharrom Ashadi, yang dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/9), membenarkan penggagalan tujuh CTKW asal Pulau Lombok itu. “Setelah kita introgasi, mereka yang akan dikirim ke Abu Dhabi, akan ditampung dulu disalahkan satu tempat di Jakarta,” ujarnya.

Menurutnya, saat ditangkap ketujuh CTKW tersebut tidak memiliki dokumen resmi ketenagakerjaan luar negeri. Mereka malah bermodal KTP dan tiket pesawat tujuan Jakarta menggunakan maskapai Lion Air. “Untuk penanganan lebih lanjut, Polres Lombok Tengah (Loteng) tengah mengusuntnya guna mencari tekong pengirimnya,” kata Mucharrom.

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Rafles P Girsang, membenarkan jika pihaknya telah mengamankan tujuh calon tenaga kerja ilegal yang akan berangkat melalui LIA tujuan Jakarta tanpa dilengkapi dokumen resmi. Rafles menuturkan, ketujuh orang itu diantaranya, Baiq Sumarni asal Dusun Lingkung Desa Muncan Kecamatan Kopang Loteng. Saimah Binti Saime Geso, asal Dusun Lendang Nangka Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur.

Selanjutnya, Nuraini asal Dusun Bayan Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Waini asal Dusun Setanggor Kecamatan Praya Barat Loteng. Kemudian, Yeni Sumarni asal Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara Loteng, Ratih Dusun Ganti Kecamatan Praya Timur, Loteng dan Sumiati asal Dusun Aik Mual Kecamatan Praya Loteng. “Untuk sementara, ketujuh TKI ini kita amankan di Polres Loteng,” ujar AKP Rafles P Girsang.

Selain mengamankan tujuh TKI, pihaknya juga sudah mengamankan terduga pelaku yang bertindak sebagai perekrut para TKI atas nama Suyatna warga Puyung, Kecamatan Jonggat Loteng. Untuk selanjutnya, kata AKP Rafles P Girsang, pihaknya saat ini melakukan pemeriksaan terhadap calon TKI dan perekrut.

“Setelah ini, kita akan gelar perkara dan membuat laporan hasil penyelidikan untuk menuju tahap selanjutnya,” tandas Rafles P Girsang.fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Keluarga Yakin Mawardi Masih Hidup

MATARAM, DS – Meski belum ada perkembangan yang signifikan terkait misteri keberadaan mantan Dirut RSUP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *