Kamis , 6 Desember 2018
Home / Ekonomi / Wagub Sebut NTB Expo 2018 Ajang NTB Bangkit dari Gempa Bumi
Wagub Sitti Rohmi Djalilah didampingi Kadis Koperasi dan UMKM saat meninjau stand produk salah satu UMKM yang mengikuti pameran NTB Expo 2018

Wagub Sebut NTB Expo 2018 Ajang NTB Bangkit dari Gempa Bumi

LOBAR, DS – Pelaksanaan NTB Expo tahun 2018 dirasa berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Pasalnya, Provinsi NTB baru diterpa musibah gempa bumi yang melanda Pulau Lombok dan Sumbawa sejak akhir Juli hingga Agustus lalu. Meski demikian, adanya musibah itu tidak lantas harus mengendorkan semangat warga NTB untuk bangkit.

“Melalui momentum NTB Expo ini, kita harus bangkit dan keluar dari kesedihan pascagempa bumi itu,” ujar Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah saat membuka NTB Expo 2018 dalam rangka HUT NTB ke-60 di Science Techno Park (STP) Banyumulek, Lombok Barat,  Kamis (6/12).

Menurutnya, saat ini merupakan fase warga NTB untuk bangun dan berlari. Hanya saja, kecepatan warga untuk berlari dari kesedihan itu, dirasa belum sama seluruhnya. “Jadi, NTB Expo harus kita jadikan sebagai salah satu bentuk ikhtiar pemerintah yang bisa menjadi penyemangat bagi masyarakat untuk berlari dan bangun dengan kecepatan yang sama,” ungkap Rohmi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Lalu Saswadi mengatakan, NTB Expo akan berlangsung sejak Rabu (5/12) hingga Minggu (9/12). Selain pameran UMKM, dia katakan, NTB Expo juga diisi kegiatan lain, mulai dari pameran teknologi tepat guna, gebyar SMK, panen pedet (anak sapi), hingga berbagai kesenian tradisional.

“NTB Expo ini juga dalam rangka HUT NTB, jadi ada UMKM dari provinsi dan juga kabupaten/kota, bahkan luar daerah seperti Pasuruan ikut serta,” ujar Saswadi kepada wartawan, di tempat terpisah.

Saswadi menjelaskan, produk-produk UMKM yang ditampilkan dalam NTB Expo sangat beragam, mulai dari kuliner, kerajinan tangan khas NTB, hingga produk kesehatan yang diproduksi secara alami.

“Ada juga UMKM yang terdampa gempa ikut serta, seperti produk Abon Ikan dari Lombok Utara, ini menjadi semangat untuk kita semua agar bangkit dari bencana yang lalu,” lanjutnya.

Siswadi  menyebutkan, dari 600 wirausaha di NTB, sekitar 60 atau 10 persennya terdampak gempa. Saswadi berharap, NTB Expo menjadi momentum bagi kebangkitan UMKM di NTB.

Ia menjelaskan, UMKM bidang pertanian dan nonpertanian di NTB  masih memerlukan peningkatan daya saing dan penembangkam produk yang lebih bermutu dan berkualitas serta membutuhkan fasilitas pemasaran.

“Sarana yang relevan untuk itu salah satunya melalui kegiatan pameran, dalam hal ini NTB Expo. NTB Expo memberi kesempatan bagi para pelaku UMKM mempromosikan semua produk dan jasa yang dihasilkan,” tandas Saswadi. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Rachmat : Program PKH Efektif Turunkan Ketimpangan Sosial

LOBAR, DS – Anggota DPR RI dapil NTB H. Rachmat Hidayat menilai Program Keluarga Harapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *