Jumat , 2 November 2018
Home / Ekonomi / UMP NTB 2019 Naik 10,283 Persen
Gubernur Zulkieflimansyah didampingi Wagub Sitti Rohmi Djalilah

UMP NTB 2019 Naik 10,283 Persen

MATARAM, DS – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menetapkan upah minimum provinsi (UMP) NTB 2019 sebesar Rp Rp 2.012.610, naik 10,283 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 1.825.000.

          Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB Wildan mengatakan, kenaikan UMP NTB berawal dari adanya surat edaran Menteri Ketenagakerjaan tentang inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi yang menjadi acuan bagi Dewan Pengupahan Provinsi NTB untuk menaikan UMP.

          Oleh karena itu, adanya dasar itu, maka rumusannya pun bisa diperoleh besarannya. “Jadi, rumusan yang diedarkan menteri adalah amanat PP 78/2015 tentang pengupahan. Sehingga, keputusan ini berlaku pada tanggal 1 Januari 2019,” ujar Wildan menjawab wartawan, Jumat (2/11) kemarin.

          Ia menyatakan, sebelumnya NTB termasuk salah satu dari delapan provinsi yang UMP belum setara dengan kebutuhan hidup layak (KHL). “Dengan rumusan kenaikan 10,28 persen, alhamdulillah sudah lunas atau setara dengan KHL,” tegas Wildan.

          Ia menjelaskan, proses keputusan kenaikan UMP sudah dilakukan sejak sidang pertama pada 4 Oktober dan sidang kedua pada 18 Oktober. Keputusan ini diambil melalui sidang yang dilakukan oleh Disnakertrans NTB, perwakilan Universitas Mataram, dan Biro Hukum, dan Apindo serta serikat pekerja selalu perwakilan pengusaha.

          “Yang pasti, kami sudah menyebarkan surat edaran ke pemda kabupaten/kota karena kita perintahkan juga kabupaten/kota segera menyusun rancangan penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK),” tandas Wildan. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Sekda NTB Harap Perumahan Warga Cepat Terbangun

MATARAM,DS-Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiadi Sayuti, M.Sc., Ph.D membuka Rapat Koordinasi Rencana Aksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *