Kamis , 12 Juli 2018
Home / Ekonomi / Temuan Cadangan Emas Besar di Dompu TGB Siap Operasional Tambang Sejahterakan Masyarakat 
Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi MA (kiri) saat menyampaikan sambutannya

Temuan Cadangan Emas Besar di Dompu TGB Siap Operasional Tambang Sejahterakan Masyarakat 

 

MATARAM, DS – Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi mengaku, belum mendengar kabar terkait ditemukannya cadangan emas dalam jumlah besar di Kabupaten Dompu.  Meski demikian, jika informasi itu benar ia menghendaki pengelolaannya harus lebih baik dari tambang emas Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Sampai sekarang saya belum dapat informasi adanya temuan cadangan emas dalam jumlah besar di Kabupaten Dompu. Tapi jika ada ya, kita sangat bersyukur. Untuk itu, biarlah itu berproses nantinya,” ujar Gubernur menjawab wartawan, Sabtu (26/5).

Menurut TGB, pengalaman di Batu Hijau dalam mengelola pertambangan emas harus dijadikan sebuah pelajaran. Ia berharap pengelolaan tambang di Dompu jika memang benar maka harus lebih baik dari tambang emas Batu Hijau di KSB.

Kebaikan yang dimaksud berkaitan dengan pengelolaan lingkungan, pengelolaan limbah maupun kerjasama perusahaan dengan masyarakat lingkar tambang.“Misalnya, jika sudah ada eksplorasi dan eksploitasi (di Dompu), itu harus lebih baik. Dari sisi kualitas dan juga dari sisi penanganan potensi dampak lingkungan. Pokoknya, harus lebih baiklah,”  jelas Gubernur.

Menyinggung operasionalnya, TGB mengaku memiliki pengalaman terkait pengelolaan tambang di Batu Hijau menggunakan sistemnya kontrak karya (KK). Untuk itu, sekarang sistemnya dipastikan akan beda.

Sebab, menurutnya, dengan sistem yang baru, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bisa mendapatkan ruang yang lebih besar lagi. Untuk bisa mengontrol, melihat dan mengukur kontribusi tambang bagi kepentingan daerah.

Selain itu, semua program-program pemberdayaan dari perusahaan tambang harus diintegrasikan dengan program Pemda. “Kedepan, tidak akan ada lagi CSR-nya lempar-lempar ke mana-mana. Tapi dari awal diarahkan untuk prioritas pemerintah daerah,” tegas TGB seraya mengaku akan mengecek aturan yang ada saat ini. Apakah masih ada divestasi saham seperti zaman Newmont dulu atau tidak.

Diketahui, PT Aneka Tambang (Antam) Tbk dan perusahaan tambang internasional asal Brazil, Vale, menemukan cadangan emas dan tembaga raksasa di wilayah Hu’u Kabupaten Dompu. Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin, yang merupakan induk usaha BUMN tambang, mengatakan cadangan emas yang ada di Dompu diperkirakan dua kali lipat dibanding cadangan emas yang dimiliki PT. Newmont Nusa Tenggara yang sekarang menjadi PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Selain emas, cadangan tembaga di Dompu juga dipekerkirakan lebih besar dari PT. Merdeka Copper Gold Tbk yang memiliki tambang di Jawa Timur (Jatim). Cadangan emas di Dompu diperkirakan mencapai 1,38 juta ton emas karena tambang Batu Hijau milik Newmount memiliki cadangan 690 ribu ton emas. Sementara cadangan tembaga di Dompu diperkirakan melebihi 8,6 juta ton atau 19 miliar pounds sesuai cadangan tembaga di Merdeka Copper. RUL

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Fraksi PDIP Sebut Ekonomi NTB Tumbuh Lambat

MATARAM, DS –  Peningkatan pertumbuhan ekonomi selama empat tahun di wilayah NTB mencapai 1,49 persen, dinilai …

No comments

  1. Your comment is awaiting moderation.

    It is the best time to make some plkans for thee long run and it is time
    to be happy. I’ve read this submit and if I may I wish to counsel you some attention-grabbing things or suggestions.
    Perhaps you could write nedt articles regarding this article.

    I want to learn even more issues approximatdly it! //918Kiss.party/news

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *