Rabu , 11 Oktober 2017
Home / Ekonomi / Petani Diminta Olah Cabai 
Kadis Perdangangan NTB Dra Hj. Putu Selly Andayani MSi

Petani Diminta Olah Cabai 

MATARAM, DS – Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj. Putu Selly Andayani meminta para petani di wilayah NTB agar menjual cabai dalam bentuk olahan untuk menambah nilai jual harga komoditas cabai. Hal itu menyusul, terpantau di sejumlah pasar-pasar tradisional di wilayah Pulau Lombok, harga cabai rawit akhir-akhir ini anjlok hingga mencapai harga Rp 3 ribu per kilogram.

“Sejak awal kita sudah sarankan harus ada olahan dari industri cabai. Misalnya dibuat sambal cengeh, kerja sama dengan industri olahan sambal juga bisa. Ini bagian kita mengantisipasi anjloknya harga cabai,” ujar Selly menjawab wartawan, Selasa (10/10).

Meski harga belum turun, pihaknya berharap masyarakat tidak terlalu panik. Pihaknya memperkirakan kenaikan harga cabai tidak berlangsung lama karena bersifat sementara, tergantung dari permintaan.

“Ini karena masalah ketersediaan stok saja, karena harga bagus di pasar sehingga di ambil daerah lain,” ungkapnya.

Terkait, harga sejumlah bumbu dapur, seperti cabai rawit, cabai keriting, bawang merah dan bawang putih, Kadis Pertanian dan Perkebunan NTB, Husnul Fauzi di lokasi yang sama juga mengatakan Pemprov NTB telah meminta kepada Kementerian Pertanian untuk menentukan harga pembelian di tingkat petani.

“Sesuai dengan tiga analisa yang kami gunakan yaitu analisa SWOT, Benefit Cost Ratio (B/C Ratio) dan Break Even Point (BEP). Nah dari BEP, B/C Ratio dan SWOT ini maka harga yang paling rendah untuk pembelian cabai rawit di tingkat petani itu Rp 16.500 dan bawang merah Rp 22.500. Mudah-mudahan disetujui oleh Menteri, agar tidak ada gejolak di tingkat petani,” tandasnya. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Panen Bawang Putih Sembalun, Awal Kebangkitan

SELONG,DS-Sejak tahun 1963, masyarakat di Sembalun mulai menanam bawang putih yang benih awalnya dibawa warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *