Jumat , 1 Desember 2017
Home / Ekonomi / Penerbangan di BIL Mulai Normal
Petugas maskapai penerbangan Garuda Indonesia tengah mengecek kesiapan pesawat dengan tujuan Jakarta pasca dibukanya BIL

Penerbangan di BIL Mulai Normal

LOTENG, DS – Bandara Internasional Lombok (BIL) kembali dibuka  normal pada Jumat (1/12) pukul 08.50 Wita. Pembukaan operasional ini setelah adanya hasil rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan Bandara Lombok, yakni Otoritas Bandara Wilayah IV Bali-Nusa Tenggara, maskapai, Ground Handling, Airnav Indonesia, dan BMKG.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I BIL, Israwadi, mengatakan adanya perubahan arah angin merujuk pengamatan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) Darwin pada pagi hari tidak akan berdampak pada sebaran abu vulkanik di ruang udara Pulau Lombok.

“Hasil pengamatan VAAC Darwin pada pagi hari kita jadikan rujukan bahwasanya erupsi Gunung Agung tidak akan berpotensi menutup ruang udara. Sehingga, BIL kita buka untuk penerbangan,” ujarnya menjawab wartawan.

Sebelumnya, Bandara Lombok telah ditutup tanggal 30 November 2017 pukul 10.37 Wita sampai dengan tanggal 1 Desember 2017 pukul 00.00 Wita

Menurut Israwadi, untuk penerbangan dipastikan akan kembali beroperasi normal. Apalagi, sudah ada tiga pesawat di apron BIL saat ini yang siap diterbangkan. Yakni,  1 pesawat Garuda Indonesia B737/800, 1 pesawat Lion Air B737/900, dan pesawat Garuda Indonesia ATR72. “BIL dibuka kembali berdasarkan NOTAMC B9075/17, setelah sebelumnya sempat ditutup sejak pukul 10.35 WITA pada Kamis (30/11),” kata dia.

Israwadi membenarkan, jika pada rapat rapat koordinasi pukul 05.00 WITA sempat disepakati bahwa Bandara Lombok akan diperpanjang penutupannya hingga pukul 14.00 WITA Jumat (1/12) ini.  Hal itu dipicu, sebab sebaran abu vulkanik berpotensi menuju dan menutup Pulau Lombok karena angin pada lapisan 5000-24.000 kaki bergerak dari arah barat-barat laut ke timur tenggara.

“Namun hasil pengamatan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) Darwin pada pagi hari menunjukkan perubahan arah angin sehingga sebaran abu vulkanik tidak berpotensi menutup ruang udara Pulau Lombok,” jelasnya.

Ia menambahkan, agar masyarakat tidak simpang siur terkait informasi penutupan bandara, maka pihaknya telah membuka posko terpadu yang berisi informasi perkembangan kondisi Bandara Internasional Lombok.

“Masyarakat bisa mengkonfirmasi langsung ke posko terpadu dengan nomor telpon 0370 6157000 ext. 888 atau dapat menghubungi call center PT Angkasa Pura I (Persero) di nomor 172. Ini bagian pelayanan kami agar para penumpang merasa aman dan nyaman,” tandas Israwadi.

Tambah Personil

Sementara itu, pihak kepolisian dari Polres Lombok Tengah terus menambah petugas keamanan di sekitar BIL. Langkah tersebut diharapkan bisa membantu cipta kondisi di Bandara agar tetap aman dan nyaman.

“Personel tambahan yang kita tempatkan di bandara ini adalah personel patroli. Jadi setiap kali selesai berpatroli, cek point-nya di bandara,” ujar Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman, S.H.SIK.M.H menjawab wartawan, Jumat (1/11) .

Ia mengakui keberadaan personel tersebut bisa membantu calon penumpang dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Sehingga para calon penumpang tidak kebingunan jika ingin memperoleh informasi.

“Kalau ada calon penumpang yang butuh informasi, personel ini bisa memberikan informasi. Namun jika informasi dirasa belum lengkap. Personel bersangkutan bisa mengawal atau mengarahkan ke mana calon penumpang tersebut mendapat informasi yang dibutuhkan,” tandas Kapolres. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

PKK NTB BANTU WARGA MISKIN

KSB,DS-Tim Penggerak PKK Provinsi NTB terus memperkuat sinergi dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-NTB dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *