Kamis , 7 September 2017
Home / Ekonomi / Panen Bawang Putih Sembalun, Awal Kebangkitan
Suasana panen bawang di Sembalun. Hadir Wabup Lotim Haerul Warisin

Panen Bawang Putih Sembalun, Awal Kebangkitan

SELONG,DS-Sejak tahun 1963, masyarakat di Sembalun mulai menanam bawang putih yang benih awalnya dibawa warga China asal Ampenan. Benih bawang putih Shanghai (warga Sembalun menyebutnya dengan bawang putih Sanggas Sembalun), pada masa awal ditanam di kawasan hutan. Namun, karena terbitnya peraturan pemerintah yang melarang aktifitas pertanian di kawasan hutan, petani Sembalun beralih lokasi penanaman bawang putih Sanggas Sembalun ke areal persawahan.

Perpindahan lokasi penanaman ini justru membawa berkah bagi petani Sembalun. Sebab, hasil panen bawang putihnya berlipat ganda.

Bawang putih Sembalun sempat menjadi primadona di era tahun 80-an dimana Sembalun  menjadi lumbung bawang putih sebelum akhirnya mengalami masa-masa kemunduran.

Seiring komitmen pemerintah dan banyak pihak terkait yang begitu kuat untuk membangkitkan kembali komoditi unggulan tersebut, kini produksi bawang putih Sembalun kembali hidup. Pada Selasa (22/8), dilakukan panen perdana demplot bawang putih hasil pendampingan PT. Pupuk Kaltim di lokasi penanaman milik Kelompok Tani Jorong Mandiri Dusun Jorong Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun yang dihadiri Wakil Bupati Lombok Timur, H. Haerul Warisin, Asisten Deputi dari Kementerian BUMN RI, Dirut PT. Pupuk Indonesia, Dirut PT. Pupuk Kaltim dan sejumlah pihak terkait.

Dalam kesempatan ini, Wabup mengharapkan pihak kementerian mau memberikan bantuan dan perhatian ke masyarakat Lombok Timur lebih banyak lagi. Sehingga, lokasi pendampingan pengembangan bawang putih Sembalun tidak hanya dilakukan di wilayah Sembalun, melainkan dapat juga dilakukan di sejumlah wilayah lainnya yang sangat memungkinkan untuk pengembangan usaha pertanian bawang putih. Sebutlah di Kecamatan Pringgasela, Sikur, Suela dan di Kecamatan Pringgabaya. Menurut Wabup, kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat bagi warga.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, menyampaikan bahwa pihaknya yang menerima penugasan dari Kementerian BUMN berkeinginan untuk membangkitkan kembali bawang putih Sembalun yang dalam beberapa tahun belakangan ini mengalami masa kemunduran. Pasalnya, Sembalun pernah menjadi lumbung bawang putih di wilayah NTB.

Upaya untuk membangkitkan kembali bawang putih  diawali dengan usaha pendampingan yang dilakukan PT. Pupuk Kaltim yang melakukan demplot di 3 titik dengan total lahan seluas 2 hektar di wilayah Sembalun. Di mana, PT. Pupuk Kaltim menyediakan pupuk, bibit, obat-obatan serta melakukan pendampingan bersama instansi terkait. Sehingga, pengembangan pertanian bawang putih Sembalun dapat terlaksana dengan baik.

Hasil panen perdana demplot PT. Pupuk Kaltim di Kecamatan Sembalun ini, lanjut Ahmad Bakir, akan dijadikan sebagai sumber bibit yang bersertifikat dan akan diserahkan kembali seluruhnya kepada petani bawang putih di Sembalun untuk dikembangkan. krisma

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Cihui! Sembalun Panen Bawang

SELONG,DS-Wakil Bupati Lombok Timur, Drs. H. Haerul Warisin, M. Si menghadiri Panen Perdana Demplot Bawang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *