Kamis , 3 Agustus 2017
Home / Ekonomi / Harga Garam Naik Wagub Minta Pemerintah Segera Bangun Pabrik
Wagub Amin

Harga Garam Naik Wagub Minta Pemerintah Segera Bangun Pabrik

MATARAM, DS – Petani garam di wilayah Kabupaten Bima, NTB yang sudah panen bisa tersenyum lebar saat ini. Pasalnya, harga garam konsumsi kini sedang mengalami kenaikan signifikan.  Pemerintah melihat hal ini sebagai sesuatu yang lumrah terjadi.

Wakil Gubernur H. Muhamad Amin menegaskan, kenaikan harga garam kali ini sangat menguntungkan kalangan bawah. Minimnya garam impor memberi peluang terhadap produksi garam rakyat.

”Saya kira kenaikan harga garam merupakan hal positif bagi petani garam. Dengan kenaikan harga ini tentu menjadi keuntungan bagi petani atas jerih payahnya,” tegas Wagub menjawab wartawan, Rabu (2/8).

Amin berharap pemerintah bisa terus menekan impor garam. Dengan demikian, garam lokal bisa terserap secara maksimal.  Sebab, menurutnga, kenaikan harga garam itu menjadi momentum peningkatan kesejahteraan petani.

”Versi yang saya tahu, harga garam halus dari Rp 1.500 menjadi Rp 5.000. Garam kasar dari Rp 2.500 menjadi Rp 6.000 per kilogram. Harga ini, kalau bisa terus dipertahankan, sehingga petani garam kita di Bima bisa terus sejahtera,” ujar Wagub.

Menurutnya, Kabupaten ujung timur Pulau Sumbawa ini tidak begitu produktif dari segi produksi. Memang warga beberapa kecamatan memproduksi meski dalam skala kecil.

Sehingga, kata Wagub, adanya kenaikan harga garam kali ini dapat membuat pemerintah pusat mulai melirik potensi garam yang dihasilkan oleh petani di wilayah Bima.

”Kita berharap garam rakyat di Bima mampu naik kelas dengan dibangunya pabrik  garam disitu. Sehingga, ada nilai tambah bagi masyarakat ketimbang hanya menjadi penyuplai garam pabrikan ke luar daerah,” tandas Wagub Amin.fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Gubernur NTB Raih Penghargaan Penggerak Ekonomi Syariah 2017

MATARAM, DS – Gubernur Dr. TGH Muhamad Zainul Majdi memeroleh penghargaan sebagai kepala daerah penggerak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *