Selasa , 18 September 2018
Home / Ekonomi / Gempa Susulan 6,5 SR Satu Musholla di Lobar dan Dua Masjid di Sumbawa Rusak
Kerusakan bangunan akibat gempa susulan

Gempa Susulan 6,5 SR Satu Musholla di Lobar dan Dua Masjid di Sumbawa Rusak

MATARAM, DS – Gempa bumi susulan kembali menggoyang Pulau Lombok pada Minggu (19/8). Gempa yang terjadi dua kali antara pukul 11.00 hingga 11.30 Wita mengakibatkan dua masjid di Pulau Sumbawa dan satu musholla di wilayah Lombok Barat mengalami rusak.

Dilaporkan, masjid di Pulau Sumbawa mengalami rusak di bagian atap dan temboknya retak-retak. Sedangkan, musholla di Perumahan Panorama Alam, Sesela di Kecamatan Gunungsari, Lobar yang sudah retak pada gempa sebelumnya. Kini, tembok dinding penyangganya hancur.

Getaran gempa yang terpusat di Lombok Timur, pertama berkekuatan 5,4 SR dan kedua 6,5 SR. Bahkan, gempa dalam kurung waktu lima menit turut dirasakan hingga di Pulau Sumbawa. Akibatnya, satu unit masjid di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat rusak bagian atasnya dan satu masjid lainnya di Kecamatan Seteluk, alami retak-terak pada dindingnya.

Saat kejadian, di dalam masjid dan musholla tidak ada seorang pun Jamaah. Atap, genteng, kayu dan kaca masjid hancur total.

“Ada satu masjid yang rusak akibat gempa tadi atapnya ambruk. Satu lagi hanya dindingnya yang sudah retak-terak,” ujar Kepala BPBD Sumbawa Barat, Lalu M Azhar, menjawab wartawan.

Sementara ini hanya dua masjid yang terdata akibat gempa. Untuk kerusakan di tempat lain masih dilakukan pendataan dan menunggu laporan.

Sedangkan, musholla di Perumahan Panorama Alam Sesela, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat dilaporkan dinding tembok yang sudah retak kini akibat gempa sebelummya. Terpantau pada gempa susulan pada Minggu (19/8), sudah tidak bisa digunakan lagi alias kelihatan.

“Tadi kami kaget, saat gempa susulan, langsung tembok yang sudah retak menjadi roboh,” kata Nur Taat, warga Perumahan Panorama Alam. rul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Kehadiran Prabowo Jadi Obat Kejenuhan Warga di Pengungsian

LOBAR, DS – Bakal Calon Presiden RI Prabowo Subianto mengunjungi pengungsi korban gempa Lombok, di …

No comments

  1. Your comment is awaiting moderation.

    Magnificent beat ! I wish to apprentice at the same time as you amend your web site,
    how could i subscribe for a weblog website? The account aided me a acceptable deal.
    I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided brilliant transparent
    idea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *