Rabu , 14 Juni 2017
Home / Ekonomi / Dua Desa di Lotim Bersinergi Buka Jalan Baru
JALAN BARU YANG DIBUKA DUA DESA DI LOTIM

Dua Desa di Lotim Bersinergi Buka Jalan Baru

LOTIM,DS-Desa Embung Kandong dan Rarang Selatan Kecamatan Terara sedang membuka jalan baru yang menghubungkan 3 desa yaitu Desa Rarang Selatan, Embung Kandong dan Desa Liming-Suradadi (perbatasan Desa Liming dan Suradadi).

Jalan baru sepanjang 2.913 meter dengan lebar 4 meter ini selesai dalam bulan Ramadhan ini dan sudah bisa dipakai untuk berlebaran bagi 4 desa yaitu Desa Embung Kandong, Desa Rarang Selatan, Rarang Tengah dan Desa Leming-Suradadi. Jalan baru ini termasuk JUT (Jalan Usaha Tani) atau saat ini disebut sebagai Jalan Produksi dan Perkebunan, karena melintasi areal persawahan dan perkebunan warga. Akses ke depan bagi masyarakat adalah terbukanya jalur transportasi untuk segala keperluan bagi masyarakat tani dan masyarakat umum.

Kades Embung Kandong, Reman Rusdi, Sabtu (3/6/17), menyampaikan pihaknya telah membuka jalan tembus ke Rarang Selatan dan Rarang Tengah sepanjang 863 meter dengan lebar 4 meter. Selain itu, jalan menuju ke Desa Leming-Suradadi sepanjang 650 meter. Dengan demikian, jalan baru yang kita buka tersebut sepanjang 1.516 meter.

“Untuk jalan menuju ke Rarang Selatan dan Rarang Tengah sudah selesai dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Sedangkan dari Embung Kandong menuju Leming-Suradadi sedang dikerjakan alat berat dan secepatnya (dalam 2 minggu ke depan) usai dikerjakan,” kata Reman Rusdi.

Reman Rusdi menjelaskan, jalan baru ini sangatlah penting bagi masyarakat petani di 4 desa yang saling berhubungan. Saat ini petani sudah melakukan penanaman dan bulan depan akan panen, sehingga bisa dimanfaatkan dalam melangsir hasil panennya.

“Yang jelas, bulan depan masyarakat umum akan menikmati manfaat kemudahan akses transportasi dari jalan baru ini untuk segala keperluan, baik untuk transportasi hasil pertanian maupun aktivittas lainnya” terangnya.

Sementara itu, Muh.Amin, Kaur Pembangunan Desa Embung Kandong, di lokasi pengerjaan Alat Berat (Exavator) mengatakan, jalan baru menuju Leming-Suradadi ini selesai dalam kurun waktu Puasa Ramadhan ini. “Insya Allah masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berlebaran,” katanya, di sela-sela mengawasi jalannya pekerjaan excavator.

Terpisah, Mariyun, Kades Rarang Selatan mengakui sudah membuka jalan baru sepanjang 1.400 meter menuju ke Embung Kandong. Dirinya bersama staf kemudian mendampingi Duta Selaparang meninjau jalan baru yang telah dibuka tersebut.

“Jalan baru yang juga JUT (Jalan Usaha Tani) ini sangat bermanfaat bagi masyarakat baik untuk transportasi kegiatan ekonomi maupun aktivitas lainnya. Bapak lihat petani yang kini sedang menanam cabe itu, bulan depan mereka akan menikmati akses jalan baru ini untuk transportasi hasil panennya,” ujar Maryun, sambil memperlihatkan petani yang sedang menanam cabe di areal persawahan dengan memakai mulsa plastic.

Maryun menyampaikan terima kasih kepada khususnya kepada Pemda Lotim yang selalu memotivasi sehingga semangat kerja dan sinergitas semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan tumbuh-berkembangnya partisipasi aktif warga masyarakat dalam membangun dengan keswadayaan dan gotong-royong.

“Kita terus butuh binaan secara intensif dari Pemda dan leading sector terkait untuk dapat terus membangun dengan ADD, DD dan dari prosetase bagi hasil pajak serta dari pihak terkait lainnya. Apalagi dengan juga semakin tumbuh-berkembangnya wilayah dan penduduk yang semakin mengalami perubahan yang sedemikian dinamis,” harapnya. kusmiardi

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Wagub Amin : H-7, Pengusaha Harus Bayar THR

MATARAM, DS – Tunjangan Hari Raya (THR) menyambut Idul Fitri menjadi hak pegawai yang harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *