Kamis , 30 November 2017
Home / Ekonomi / Belasan Proyek Mangkrak di NTB  
Nurdin Ranggabarani MH

Belasan Proyek Mangkrak di NTB  

MATARAM, DS –Fraksi PPP DPRD NTB menyoroti keberlanjutan sejumlah proyek strategis milik Pemprov yang masuk katagori mangkrak. Sebab, tidak sedikit dana yang bersumber dari uang pajak rakyat dihabiskan untuk sekadar membangun belasan proyek tersebut. Sayangnya, hingga kini bangunan itu belum bisa dioperasionalkan.

Wakil Ketua Fraksi PPP DPRD NTB Nurdin Ranggabarani MH mengaku, perlu mengingatkan Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi agar responsif terhadap nasib belasan proyek yang nilainya mencapai puluhan miliar mengingat umur pemerintahannya efektif tinggal setahun lagi.

“Jujur kita prihatin atas kelanjutan puluhan proyek itu. Pak Gubernur perlu fokus mau dibawa kemana kelanjutannya, karena kini posisi APBD kita tengah minim dari sisi pendapatannya,” ujarnya saat menyampaikan laporan fraksinya dalam sidang paripurna DPRD, Senin (27/11) petang.

Ia merincikan sejumlah proyek yang dikatagorikan mangkrak, diantaranya Terminal Haji/TKI di BIL yang telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 18,6 miliar lebih sejak tahun anggaran 2010-2017. Selanjutnya, Dermaga Telong-Elong di Lombok Timur sebesar Rp 9,6 miliar lebih yang dianggarkan sejak tahun 2007-2016.

Berikutnya, Rumah Mutiara di Jalan By Pass BIL, Rumah Potong Hewan (RPH) Banyumulek, Kawasan Agropolitan dan Pasar Agropolitan di Kabupaten Sumbawa, Jembatan Timbang Poto Tano. “Ini belum termasuk beberapa titik proyek penyediaan sarana air bersih di NTB yang tidak dapat berfungsi maksimal hingga kini,” tegas Nurdin.

Terkait Terminal Haji/TKI. Menurutnya, telah kembali dialokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar pada tahun 2017 lalu. Kondisi serupa terjadi pada proyek di kawasan Agropolitan di kecamatan Buer dan Pasar Agropolitan di kecamatan Utan, kabupaten Sumbawa. Selain itu, proyek di pelabuhan Telong Elong di Lombok Timur dan Jembatan Timbang di Poto Tano, KSB juga telah dianggarkan ulang.

“Mau diapakan bangunan-bangunan tersebut. Sementara di lapangan progresnya, tidak jelas. Sementara umur pemerintahannya ini tinggal setahun lagi berjalan,” tandas Nurdin Ranggabarani.fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

PEMPROV NTB TERUS TINGKATKAN PRODUKSI DAN HARGA TERNAK

MATARAM,DS-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus melakukan berbagai upaya dan ikhtiar untuk meningkatkan produksi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *